TOBA-Acara puncak perayaan HUT Kabupaten Toba Samosir ke 21 Tahun 2020 sekligus menyambut pergantian nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba yang dirayakan di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige Sabtu,(14/3/2020) diawali dengan ibadah keagamaan dengan Thema : Dalam terang iman, bersama membangun Kabupaten Toba.

Prosesi acara kebaktian kebangunan Rohani dipimpin oleh pareses Pdt. Donda br Simanjuntak, S.Th untuk khotbah kebaktian dibawakan oleh RP. Amborsius Nainggolan,OFM.Cap (Vikaris Episkopalis) dan untuk dao syafaat oleh Pdt.Horas Sihite, M.Th.

"Setiap orang hendaknya berpartisipasi baik dalam baik berbagai bentuk sumbangsih baik itu Materi, Tenaga, Pemikiran sesuai kemampuan individu untuk mendukung dan meningkatkan program pembangunan di Kabupaten Toba seiring dengan usianya yang ke 21 Tahun berikut dengan pergantian namanya menjadi Kabupaten Toba di tahun 2020 ini. Untuk itu, kita sebagai warga negara dalam mendukung pemerintah marilah kita meningkatkan kesadaran dengan memberikan yang selayaknya untuk pemerintah dari kita sebagai warga negara juga sesuai yang telah diamanahkan dalam peraturan dan Undang Undang yang berlaku demi suksesnya pelayanan pembangunan di masyarakat luas. Kebaktian Kebangunan Rohani perayaan HUT Kabupaten Toba Samosir ke 21 semakin khidmat dengan penampilan paduan suara kelompok koor STB (Sekolah Tinggi Bibel Vrow) Laguboti dengan judul Alangkah Baik," ucap RP. Amborsius Nainggolan.

Kebaktian diikuti langsung oleh Bupati Kabupaten Toba Ir.Darwin Siagian bersama istri, Wakil Bupati Ir.Hulman Sitorus, M.Si bersama Istri, Ketua DPRD Kabupaten Toba Efendy P Napitupulu, SE bersama Istri beserta ke Dua Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba Candrow Manurung, SH dan Mangatas Silaen, Kapolres Tobasa di wakili oleh Wakapolres Kompol.Janner Panjaitan, Ketua PN Balige Paul Marpaung, SH.MH, Kajari Tobasa, Anggota DPR RI Martin Manurung,para Mantan Bupati Kabupaten Tobasa,Mantan Sekda Kabupaten Tobasa, Mantan Ketua DPRD Kabupaten Tobasa, Edison Manurung,SH.MM Ketua umum KMDT (Komite Masyarakat Danau Toba), Anggota DPRD Kabupaten Toba, Undangan dari Kabuoaten Tetangga, Kabupaten TAPUT, Kabupaten HUMBAHAS dan Kabupaten Samosir serta beberapa anak rantau putra daerah Kabupaten Toba.

Sekretaris Panitia HUT Kabupaten Tobasa ke 21 tahun 2020 Lahsa Manullang,SSTP kepada gosumut menjelaskan untuk menyambut pergantian nama kabupaten Toba Samosir akan dirangkai dengan pelepasan balon dan pembukaan selubung selamat datang Kabupaten Toba sekaligus penanda tangan prasasti Nama Kabupaten Toba oleh Dirjen Administrasi Bina Kewilayahan Kemendagri DR.Drs.Eko Subowo,MBA atas nama Mendagri.*