ASAHAN-Sadisnya kematian gadis 14 tahun bernama Novita Sari Simbolon warga Dusun XIII Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan yang dilakukan oleh 3 petugas keamanan (Centeng) PT. Citra Sawit Indah Lestari (CSIL) sempat menghebohkan masyarakat Kabupaten Asahan.

Adapun ketiga pelaku yaitu RS (44) warga Dusun III Desa Sei Paham, Kecamatan Sei Kepayang, DA (38) warga Dusun II Desa Sei Lama, Kecamatan Simpang Empat dan SH (54) warga Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang.

Dari itu pihak management perusahaan PT. CSIL sangat menyesalkan perbuatan Centeng mereka yang menjadi tersangka pelaku pembunuhan tersebut.

Management perusahaan pun mencucapkan belasungkawa atas meninggalnya remaja yang masih duduk di bangku SMP tersebut. Hal itu dikatakan oleh Kuasa Hukum PT. CSIL, Tri Purnowidodo didampingi Humas PT. CSIL Dodi Sayendra saat jumpa pers di Kantor Perwakilan PT. CSIL Kisaran, Jumat (13/3/2020).

"Kejadian itu sungguh diluar nalar kami, kami tidak pernah mengira perbuatan para pelaku terhadap korban maupun siapapun. Secara detail kami pun tidak tau bagaimana kejadian itu," kata Tri Purnowidodo kepada sejumlah wartawan.

Tri Purnowidodo menjelaskan bahwa management sama sekali tidak mendapatkan laporan dari para pelaku terkait adanya pencurian di perusahaan tersebut. Bahkan menagement perusahaan pun belum bisa memastikan apakah buah tersebut milik PT. CSIL atau bukan.

Menurut Tri Purnowidodo, bahwa pihak perusahaan tidak pernah memberikan arahan kepada karyawan, khususnya kepada petugas kemanan, untuk melakukan kekerasan terhadap siapapun.

Jika terjadi tindak pidana pencurian, sebagaimana sesuai dengan SOP, pihak perusahaan selalu membawa persoalan tersebut ke pihak kepolisian.

"Jadi, apa yang dilakukan para pelaku bukan atas perintah perusahaan. Teman-teman bisa melihat rekam jejak kami dalam menyelesaikan persoalan. Tidak pernah dengan cara-cara kekerasan," jelasnya.

Terkait proses hukum kepada para pelaku, Widodo menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk mengungkap kasus tersebut seluas-seluasnya.*