TOBA-Wakil Bupati Kabupaten Toba Ir.Hulman Sotorus atas nama Bupati buka dan resmikan acara pameran pembangunan yang dipamerkan opeh berbagai stand milik beberapa Instansi/SKPD Pemkab Toba, BUMN/BUMD, Perusahaan Swasta, Perbankan, UKM dan UMKM Kabupaten Toba untuk memeriahkan HUT ke-21 Kabupaten Toba, Sumatera Utara, yang digelar mulai 12 - 14 Maret 2020 di lapangan Singamangaraja Balige.

Tujuan Pameran yang digelar oleh berbagai stand Pameran, supaya melalui pameran pembangunan ini bisa dimanfaatkan para pelaku ekonomi mikro atau usaha kecil menengah (UKM) sebagai ajang promosi bagi aktivitas perdagangan dan produksi mereka," demikian Sambutan Bupati pada pembukaan pameran.

Lanjut Wakil Bupati, Pameran ini juga merupakan bagian dari usaha untuk menghidupkan minat investor dalam menanamkan modalnya di Kabupaten Toba khususnya para investor bersedia mmenanamkan modalnya dalam dunia usaha pariwisata di pinggir Danau Toba Kabupaten Toba untuk mendukung program pengembangan Destinasi Pariwisata Danau Toba Go Internasional serta memacu dan meningkatpan pertumbuhan ekonomi masyarakat luas.

Wakil Bupati, Ir.Hulman Sitorus mengungkapkan untuk perayaan HUT Kabupaten Toba dirayakan mulai, 9 -14 Maret 2020 dengan berbagai Pertandingan olahraga dan berbagai perlombaan lainnya seperti lomba renang,TB SILALAHI,lomba dayung/Solu disiregar Aek nalas dan juga lomba tarik suara.” serta pameran untuk menampilkan pembangunan Tobasa, kuliner dan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Lebih lanjut, ungkap Bupati bahwa sekarang kabupaten Toba Samosir sudah berganti nama menjadi kabupaten Toba, yg mana tertuang dalam peraturan pemerintah republik Indonesia no 14 tahun 2020 dan dicatatkan dalam lembaran negara nomor 6474. Kata Darwin lagi, bahwa pemerintah berkewajiban sesuai pada lembaran negara nomor 59.

Pada pelaksanaan HUT ke-20 Tahun 2020 ini, tidak hanya diramaikan pameran pembangunan, sebelumnya telah digelar berbagai kegiatan pertandingan olahraga, Lomba kuliner, Paduan Suara yang dilanjutkan dengan Stand Pameran Pembangunan mulai 12 Maret - 14 Maret 2020 yang di isi oleh seluruh instansi lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Toba, BUMN/BUMD, Perbankan dan Perusahaan Swasta sebagai wahana promosi serta bagian untuk mengaktualisasikan kinerja pembangunan di Kabupaten Toba.

Sebelumnya di Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kab.Toba pada pembacaan sejarah singkat kelahiran dan pergantian nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba oleh SEKDAKAB Toba Drs.Audhi Mrphy O Sitorus, SH.M.Si melalui Asisten 1 Harapan Napitupulu,SH, Kabupaten Toba Samosir merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Daerah Tingkat II Tapanuli Utara sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1998 tentang Pembentukan Kabupaten DATI II Toba Samosir di Daerah Tingkat I Sumatera Utara selanjutnya melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor : 14 Tahun 2020 Tentang : Perubahan pergantian nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba.

Saat itu Kabupaten Toba Samosir diresmikan pada tanggal 9 Maret 1999 bertempat di Kantor Gubernur Sumatera Utara oleh Menteri Dalam Negeri Syarwan Hamid atas nama Presiden Republik Indonesia.

Usai menyamnpaikan sambutan, Wakil Bupati memukul gondang sada bangunan pertanda resminya acara pameran dibuka untuk disaksikan publik,selanjutnya Bupati bersama jajaran meninjau satu persatu stand pameran untuk melihat secara langsung jenis hasil usaha dan pembangunan yang dipamerkan masing masing stand.