TOBASA-PLN dalam pemberian pelayanannya kepada masyarakat akan sumber daya energi listrik berupaya memberikan pelayanan terbaiknya akan keamanan, kenyamanan dan kepuasan pelanggannya.salah satu upayanya PLN dengan melakukan Perawatan dan Perbaikan, Pembenahan serta penggantian berbagai fasilitas dan jaringan kelistrikan yang sudah tidak layak pakai berokut mengalami kerusakan dan kelemahan akan fungsinya pada setiap wilayah jaringan Penyulang Listrik PLN.

Muhammad Izen Nasution Asisten Maneger PDKB (Pekerja Dalam Keadaan Bertegangan) PLN Wilayah Prov. Sumatera Utara didampingi oleh Supervisor Pemeliharaan Jaringan PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Sibolga Eri Sihite saat dikonfirmasi dilokasi kerja tepatnya di Jalan Negara Lintas Sumatera Medan - Porsea - Balige - Tarutung Rabu,(11/3/2020).

Kepada Gosumut menjelaskan hadirnya pasukan PDKB kelistrikan di KabupatenToba untuk memenuhi undangan UP3 Sibolga dalam upaya perbaikan dan meningkatkan pelayanan kelistrikan kepada masyarakat luas.

Pasukan PDKB yangn dikirim PLN Prov Sumut untuk melakukan penggantian Isolator (pengisolasi tegangan arus listrik pada ruas kabel telanjang listrik untuk tidak mengalir ke tiang penyulang) adalah permohonan UP 3 Sibolga untuk melakukan perbaikan penggantian jaringan isolator tiang Penyulang yang sudah rusak. "Hal ini guna untuk peningkatan pelayanan kelistrikan diwilayah Sibolga khususnya ULP Kelistrikan Balige,di penyulang BU 04 Gardu induk Porsea," ungkap Izen Nasution, Asisten Manager PDKB (Pekerja Dalam Keadaan Bertegangan) PLN Wilayah Prov. Sumatera Utara didampingi oleh Suverfisor Pemeliharaan Jaringan PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Sibolga Eri Sihite saat dikonfirmasi dilokasi kerja tepatnya di Jalan Negara Lintas Sumatera Medan - Porsea - Balige - Tarutung Rabu, (11/3/2020).

Dijelaskan Izen, perbaikan dilakukan atas hasil pemeriksaan dari ULP Kelistrikan Balige,dari pemeriksaan yang dilakukan di beberapa titik pada tiap tiang penyulang telah mengalami gangguan dan kerusakan pada isolator kabel telanjang suplai arus listrik ke saluran jaringan lainnya. Akibat rusaknya beberapa isolator di beberapa tiang penyulang arus listrik sering mengakibatkan listrik mati atau padam mendadak membuat warga pelanggan resah.

Menurut data semenjak listrik masuk di wilayah Toba pada tahun 1978 isolator kabel telanjang listrik di tiang penyulang listrik BU 04 ini belum pernah diganti. "Jadi penggatian isolator dilakukan setelah sebelumnya telah dilakukan pengecekan secara detil dan ditemukan di beberapa titik tiang penyulang banyak isolator kabel telanjang listrik tidak layak fungsi lagi dan harus di ganti," ucapnya.

Mengetahui hal tersebut Isolator Kabel telanjang Listrik harus secepatnya dilakukan penggantian semua jaringan Isolator yang rusak dan sudah tidak layak pakai untuk meningkatkan pelayanan. Untuk melakukan penggantian isolator hanya bisa dilakukan oleh tim kerja PLN atau pasukan khusus Kelistrikan yang disebut pasukan Elit PLN, Pasukan PDKB (Pekerja Dalam Keadaan Bertegangan).

Pasukan ini dalam bekerja dan melaksanakan tugas dan misinya, disaat bekerja tetap dalam kondisi tegangan arus listrik tetap aktif dan tidak dipadamkan dengan tegangan tinggi.

Pasukan Elit PLN yang bekerja di penyulang kelistrikan BU 04 Kabupaten Toba bekerja di tegangan arus listrik sebesar 20.000 Volt. semua tim bekerja dengan tidak memadamkan arus litrik supaya tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat.

"Jadi intinya, kita bekerja memperbaiki jaringan listrik yang rusak dan menggantinya dengan yang baru dengan tetap arus listrik mengalir di Puluhan Ribu Volt dan tidak dipadamkan.kita bekerja arus listrik tetap Hidup dan mengalir masyarakat pelanggan tetap terlayani dan tidak terganggu dengan pemadaman listrik karena ada perbaikan jaringan," ungkap Izen.

"Walaupun saat ini banyak masyarakat yang melihat kami bekerja sebagaimana yang kami lakukan degan disaksikan oleh masyarakat, kami bermohon apa yang kami lakukan dalam perbaikan listrik ini jangan di contoh atau ditiru masyarakat awam. Karena hal tersebut sangatlah berbahaya dan beresiko tinggi akan keselamatan nyawa.bila hal ini dilakukan oleh orang yang bukan ahlinya akan beresiko fatal Cacat dan kematian. Ini hanya bisa di dilakukan dan dikerjakan oleh orang yang sudah benar benar terlatih dan berpengalaman serta profesional di bidang kelistrikan," himbau Izen.

Supervisor Pemeliharaan Jaringan PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Sibolga Eri Sihite juga menjwlaskan, bahwa pekerjaan penggantian Isolator Kelistrikan pada beberapa tiang Penyulang dilaksanakan dari mulai Ruas Jalan Negara Jalinsum Kecamatan Siantar Narumonda, Kecamatan Sigumpar, Laguboti dan Balige.isolator kabel telanjang listrik yang harus diganti sekitar +_ 200 Isolator yang sudah tidak layak berfungsi lagi dan pekerjaan ini kita laksanakan dari mulai 9 Maret sampai 16 Maret 2020 nanti.

"Pasukan PDKB (Pekerja dalam Keadaan Bertegangan) yang bertugas di Kabupaten Toba saat ini adalah Pasukan Elit Gabungan dari PDKB Unit Binjai, PDKB Unit Kodya Medan, PDKB Unit Siantar dan PDKB Unit Lubuk Pakam yang kita mintai bantuannya melalui PLN Prov.Sumut. Kami bekerja ini disebut dengan kroyokan dengan sebutan "grebek penyulang BU 04". dengan perbaikan yang dilakukan saat ini diharapkan kedepan tidak akan ada lagi yang namanya pemadaman listrik mendadak yang meresahkan masyarakat sebagai konsumen kelistrikan PLN," imbuhnya.