DELISERDANG-Ketua Lembaga Perlindungan Anak ( LPA ) Kabupaten Deliserdang Junaidi Malik menyebutkan kalau kasus kejahatan pada anak di Deliserdang terus mengalami peningkatan dalam kurun waktu lima tahun terakhir ,hal ini diungkapkannya usai kegiatan musyawarah pemilihan ketua LPA Deliserdang yang dilaksanakan di Aula PKBM Cendana Desa Perkebunan Ramunia Kecamatan Pantai Labu Deliserdang Rabu 11/03/2020 sore.

Junaidi Malik kembali terpilih sebagai ketua LPA Deliserdang secara Aklamasi dan memimpin LPA Deliserdang tahun 2019-2020.

Dari data yang dikumpulkan LPA Deliserdang program pendampingan yang dilakukan meliputi Kekerasan seksual dari tahun 2015-2019 sebanyak 42 kasus ,kekerasan fisik 37 kasus , penelantaran anak 29 kasus ,hak asuh 17 kasus , traficking 4 kasus dan perundungan sebanyak 33 kasus .

"Data ini adalah yang di dampingi oleh LPA Kabupaten Deliserdang namun pasti masih banyak kasus anak yang juga ditangani oleh lembaga lainnya," ucap Junaidi Malik.

Terkait usulan di buatnya perda perlindungan anak yang sudah diajukan ke DPRD Deliserdang pada awal tahun 2019 lalu hingga kini belum ada tindak lanjut .

Menurut Junaidi, melalui perda seluruh pihak tentunya akan semakin efektif dalam mewujudkan tindakan nyata Kabupaten Deliserdang sebagai Kabupaten layak anak yang sudah masuk di kategori madya.

"LPA terus mendesak DPRD Deliserdang dan Bupati Deliserdang untuk mewujudkan perda penyelenggaraan perlindungan anak itu adalah sebuah kebutuhan anak anak di Deliserdang," pungkasnya.

. Ketika perda itu terwujud tentunya operasional dalam kegiatan yang berorientasitasi pada perlindungan dan hak hak anak akan terselenggara lebih maximal.

Kedepan LPA Deliserdang ,dalam lima tahun kedepan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan organisasi kami akan fokus memantau Pemerintah Daerah Kabupaten Deliserdang sudah memenuhi hak hak anak Deliserdang ,kami akan lebih menjalin kordinasi dengan membentuk kelompok kerja ( Pokja ) pada setiap kecamatan.

"Untuk tahun ini target kita dapat terbentuk Pokja perlindungan anak di sepuluh Kecamatan yang ada di Kabupaten Deliserdang ," pungkasnya.

Pada kepemimpinan Junaidi Malik sebagai Ketua LPA Deliserdang di bawah Binaan Ketua Umum Komnas Anak Aris merdeka Sirait ,terus menjalin kordinasi dengan pemerintah Kabupaten Deliserdang dan kecamatan dan sejauh ini berjalan baik. .