SIMALUNGUN-Sebanyak 9 unit rumah warga semi permanen ludes terbakar di Tiga Balata, Kecamatan Jorlang hataran, Kamis (12/3/2020) sekira jam 01.30 WIB.

Informasi dihimpun dari Kapolsek Tiga Balata AKP. Ir Jagani Sijabat mengatakan penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek listrik dari rumah Dedi yang lagi kosong karena pemilik rumah sedang keluar kota.

Dari informasi yang kita himpun, awak kebakaran terjadi dari rumah warga bernama Dedi yang lagi kosong karena ditinggal pemilik rumah keluar kota.

Kondisi cuaca dengan angin kencang mengakibatkan api cepat menyebar hingga kerumah lainnya, karena kondisi rumah yang sangat rapat hingga kobaran api sangat cepat menyebar kerumah lainnya hingga sampai 9 rumah terbakar. Kobaran api baru dapat dipadamkan setelah pemadam kebakaran datang.

Polisi dan TNI dibantu warga bersama petugas damkar apai baru berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa, namun akibat kebakaran tersebut kerugian materil diperkirakan mencapai Rp.2 milliar, "ujar Kapolsek.

Sementara itu Peris Sitohang salah seorang pemilik rumah yang terbakar mengatakan sangat terkejut. Jam 2 pagi anak saya yang perempuan teriak-teriak membangunkan saya, saya terbangun dan melihat diluar api sudah besar sekali disamping rumah saya, "ujarnya.

Mleihat api sudah besar kami semua keluar dan tidak sempat menyelamatkan barang-barang, hanya sepeda motorlah yang sempat saya selamat, yang lainnya semua hangus terbakar karena tidak sempat menyelamatkan. Dengan kejadian ini saya mengalami kerugian ratusan juta rupiah, "ungkapnya.

Berikut data nama pemilik rumah yang terbakar, 1.Dedi, 2.Joni Sitorus, 3.Dimrod Manurung, 4.Peris Sitohang, 5.Nelson Siahaan, 6.Dr.Ricard Nainggolan, 7.Jaya Sibarani, 8.Risman Marpaung, 9.Kostina Simanjuntak.