SIMALUNGUN-Regal Springs Indonesia dalam proyeksinya terus melanjutkan Program Keberlanjutan Terpadu 'KAMI PEDULI' dengan mengumumkan perluasan kebijakan Zero Fish Waste Policy (limbah ikan nol) atau Zero Fish Waste Policy.

Hal tersebut disampaikan Dian Octavia, Community Affairs Senior Manager, Rabu (11/3/2020) di Parapat sekaligus menyampaikan bahwa perusahaan PT Aquafarm Nusantara selain mengembangbiakkan ikan nila terbaik dari Sumatera, kini mulai mendaur ulang semua ikan di luar spesifikasi ‘out of specification fish’ (OSF) menjadi pakan ternak guna menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan pemanfaatan sumberdaya ikan.

"Jadi sebuah pabrik pengolahan akan dibangun untuk menghasilkan pakan ternak dengan bahan baku ikan di luar spesifikasi. Program ini juga akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat setempat, "ujar Dian Octavia.

Regal Springs Indonesia sebelumnya telah menggunakan sumberdaya yang besar saat meluncurkan Program Keberlanjutan Terpadu KAMI PEDULI dan kini kami telah melakukan uji coba penggunaan alat pemberi pakan otomatis dan sistem daur ulang keramba untuk budidaya di Danau Toba dan memasang alat pengolah air yang baru di pabrik Lubuk Naga, Sumatera Utara.

“Sebagai bagian program KAMI PEDULI, kami memperluas Kebijakan Limbah Ikan Nol di luar pengolahan filet ikan, dimana kami telah mendaur ulang sisa-sisa bagian ikan seperti sisik menjadi kolagen untuk industri farmasi dan mengolah kerangka ikan menjadi pupuk kompos untuk pertanian, untuk itu pula, kami semakin memperluas Kebijakan Limbah Ikan Nol untuk juga mencakup semua ikan di luar spesifikasi (OSF) dari lokasi-lokasi budidaya kami di Danau Toba.

Dian menambahkan, pihak perusahaan juga telah melakukan program pelepasan benih ikan, penanaman pohon dan pembersihan danau untuk mendukung peningkatan baku mutu air di Danau Toba.

Regal Springs Indonesia

Sementara itu Kasan Mulyono, External Affairs Senior Manager menjelaskan bahwa Regal Springs Indonesia adalah perusahaan Aquakultur dan Pengolahan Bertanggung jawab bagian dari Regal Springs Group, perusahaan Swiss yang bermarkas di Singapura.

Regal Springs Indonesia juga berkantor di Medan dan memiliki daerah kerja operasional di Sumatera Utara, Jawa Tengah dan pihak management mempekerjakan sekitar 3.500 karyawan yang sebagian besar direkrut dari desa-desa sekitar daerah kerja perusahaan.

Pada Juni 2019, Regal Springs Indonesia meluncurkan program keberlanjutan terpadu total 5 tahun yang disebut KAMI PEDULI Regal Springs. Program ini telah menetapkan standar operasional yang ambisius dan prakarsa-prakarsa keberlanjutan yang baru yang secara keseluruhan bertujuan untuk menghasilkan serangkaian produk Regal Springs Indonesia Naturally Better Tilapia sekaligus memastikan bahwa produk-produk Naturally Better Tilapia Regal Springs memiliki mutu terbaik untuk pasar dalam negeri dan ekspor.

"Saat ini, Naturally Better Tilapia Regal Springs Indonesia telah memiliki sertifikasi dari Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) dari Kementerian Kelautan & Perikanan, British Retail Consortium untuk Cara Pengolahan yang baik, Aquaculture Stewardship Council (ASC) Farming untuk Akuakultur Bertanggung jawab, ASC Chain of Custody untuk Ketertelusuran, ASC Social Module untuk Standar Sosial Budidaya, Global Aquaculture Alliance (GAA) & BAP (Best Aquaculture Practices) untuk Akuakultur Bertanggung jawab, dan Ethical Trading & Social Compliance untuk Standar Sosial Pabrik," papar Kasan.