TOBA-Berbagai persiapan dilaksanakan guna menyambut dan menerima kehadiran sang penguasa negeri Kincira angin benua Eropa sang Raja Belanda William Alexander dan sang Ratu Belanda Maxima beserta rombonganya.

Guna mempersiapkan berbagai fasilitas sarana dan prasarana serta pemeriksaan dan pemutakhiran tingkat pengamanan dan keamanan oleh pihak panitia dari Istana Negara RI, Keduataan Belanda Jakarta dan Kementerian terkait berikut dengan pasukan Pengaman Istana Kepresidenan RI (Paspampres) di bantu dengan personil dari berbagai matra kesatua TNI dan POLRI (TNI AD, TNI AU, TNI AL dan Korps BRIMOB POLRI POLDA Sumut) serta unsur Forkopimda dari Pemerinthan Prov. SUMUT, Pemerintah Daerah Kabupaten Toba, Kabupaten TAPUT, Kabupaten Samosir dan Kabupaten Simalungun.

Menyikapi berbagai persiapan yang telah di laksanakan Rabu, (11/3/2020) untuk menyambut kehadiran Raja dan sang Ratu Belanda Kamis, (12/3/2020), Personil Polres Tobasa di Komando Kapolres AKBP. Agus Waluyo,SIK melalui Kabag OPS Kompol.Drs. Efendi Sinaga bersama dengan berbagai personil tim keamanan VVIP dari berbagai Matara TNI dan Polri bersama dengan Paspampres Istana Kepresidenan RI laksanakan Simulasi/Geladi Bersih dalam rangka pengamanan VVIP kunjungan Raja dan Ratu Belanda Ke Wilayah Kabupaten Toba Rabu, (11/3/2020).

Kapolres Tobasa AKBP. Agus Waluyo, SIK melalui Kasubbag Humas Aiptu Khairudin Sukriyanto kepada Gosumut menjelaskan, di beberapa titik lokasi sebelumnya di satu hari ini Rabu, 11/03/2020 mulai dari Pagi hingga sore hari telah dilakukan pemeriksaan secara detil di seluruh titik dan ruas jalan yang akan dilalui dan dikunjungi oleh Raja dan Ratu.semua diperiksa secara detil oleh pihak Paspampres dan personil dari 3 Matra TNI dan Polri.

Dalam persiapan dan pemeriksaan seluruhnya, juga bersama dengan para panitia dari Istana Negara, Kementerian terkait dan Kedutaan Belanda Jakarta telah melakukan pengecekan sacara langsung dan detil akan semua kondisi dan keberadaan di lapangan mulai dari Bukit Singgolom, Desa Siambat Dalan Kecamatan Tampahan, IT DELL Laguboti, Pelabuhan Baliga berikut dengan berbagai fasilitas sarana dan prasaranya hingga perairan Danau Toba sampai ke Pelabuhan Kapal Ferri Ajibata Kecamatan Ajibata.

Lanjut Kasubbag, Kabag OPS Polres Tobasa Drs. Efendi Sinaga dengan Evaluasi Dan Paspampres menegaskan, saat Rombongan Raja Belanda dan Ratu Masuk Bukit Singgolom juga saat memasuki kawasan wisata desa Siambat Dalan agar semua kenderaan yg masuk diberhentikan dari semua arah khususnya dari arah Tarabunga.

Selanjutnya, saat Rombongan melintas dari Balige menuju IT DEl semua Personil harus tetap tegak lurus dan sebaliknya saat dari IT Del Menuju Pelabuhan Balige semua personil yang ditugaskan disetiap titik yang sudah ditetapkan untuk bertugas harus tetap bertahan sesuai dengan jumlah nya.

Untuk itu dalam pelaksanaan tugas agar semua Personil secara khusus para personil Polri dari jajaran Polres Tobasa harus benar benar bertanggung jawab dengan melakukan tugas Pam dengan penuh rasa tanggung Jawab.

Ditegaskan Kapolres, Kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Toba di himbau agar mendukung pemerintah Indonesia dan tetap menjaga keamanan dan ketertiban demi Kemajuan Kabupaten Toba khususnya Negara Keastuan Republik Indonesia.