TOBA-Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) meresmikan Kantor Search And Rescue(SAR) Danau Toba di Pelabuhan Ajibata Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Rabu (11/2) sekira jam 10.00 WIB.

Kepala BNPP Marsdya Bagus Puruhito dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Utama Dianta Bangun menyampaikan keberhasilan penyelengaraan operasi pencarian dan pertolongan ditentukan tiga pilar utama, sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berkompeten, sinergitas dan potensi SAR, dan sarana prasarana yang memadai.

Saat ini, kata Dianta, SAR memiliki 43 unit yang tersebar diseluruh Indonesia, salah satunya Kantor SAR Medan yang saat ini telah memiliki prasarana dua Kantor SAR yakni di kawasan Danau Toba tepat di sekitar Pelabuhan Ajibata Kabupaten Toba dan Tanjung Balai yang berfungsi mendukung operasional SAR selama 24 jam dalam pelayanan keselamatan masyarakat dan toris pada kecelakaan pesawat udara, kapal, fase tanggap darurat dan kondisi membahayakan manusia.

Diharapkannya dengan diresmikannya Kantor SAR Danau Toba di Ajibata, tim SAR dapat memberikan pelayanan pencarian dan pertolangan (SAR) kepada masyarakat dan turis, serta menjadi wadah informasi, komunikasi, koordinasi dan tempat aktifitas menjalin silahturahmi antara Basarnas dengan masyarakat di bidang SAR di wilayah Danau Toba dan sekitarnya.

Dianta berharap kepada pemerintah daerah dan masyarakat sekawasan Danau Toba dapat bersinergitas dengan tim SAR untuk sama-sama menjaga nilai-nilai keselamatan dalam kegiatan pariwisata.

Sementara Wakil Bupati Toba, Ir Hulman Sitorus mengapresiasi pembangunan Kantor SAR di Ajibata dan berharap tim Basarnas dapat meningkatkan pelayanan keselamatan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

"Syarat-syarat keselamtan di Danau Toba sudah lengkap, semoga kunjungan wisatawan ke Danau Toba semakin meningkat yang bermuara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, "ujarnya.

Peresmian dirangkai dengan penguntingan pita oleh Sekretaris BNPP Dianta Bangun, peninjauan ruangan dalam gedung, penyerahan cendramata ulos dari tokoh masyarakat kepada Sekretaris Utama BNPP dan Wakil Bupati Toba Hulman Sitorus.