TOBASA-Guna meningkatkan perlindungan dan pengamanan sarana jasa dan transportasi perairan Danau Toba serta mendukung pelayanan Destinasi Pariwisata Danau Toba Go Internasional oleh Pemerintah mendirikan pelayanan pengama.

Rabu,(11/3/2020) sekira pukul 08.00 Wib oleh Pemerintah dan Basarnas Pusat melaksanakan peresmian POS BASARNAS DANAU TOBA di Ajibata tepatnya berdampingan dengan pelabuhan Ferry Ajibata Desa Pardamean Ajibata Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba.

Rabu,(11/3/2020) sekira pukul 08.00 Wib oleh Pemerintah dan Basarnas Pusat melaksanakan peresmian POS BASARNAS DANAU TOBA di Ajibata tepatnya berdampingan dengan pelabuhan Ferry Ajibata Desa Pardamean Ajibata Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba.

Hadir dalam peresmian Kantor dan Pos Basarnas Danau Toba wakil Bupati Toba Ir. Hulman Sitorus, Kapolres Tobasa AKBP.Agus Waluyo.SIK, Kapolres Humbahas AKBP. Rudi Hartono.SIK, Direktur Sarana Prasarana, Marsdya.TNI AU Bagus Puruhito, SE,MM yg mewakili Marskal TNI Agus Sudarmanto, Direktur Oprasi Basarnas Brigjen TNI Untung Budiharto, Direktur Bina Potensi Basarnas I, Ketut Parwa, Kepala biro perencanaan Basarnas Moh. Barokha Haula, Wakapolres Taput Kompol A. Rambe, Dianta Bangun Sekretaris Utama Basarnas, Kepala Basarnas Danau Toba Oto A. Tambunan, Kadis Pariwisata Kabupaten Toba Ir. Johnpiter Silalahi, Camat Ajibata, Kades Pardamean Ajibata.

Kapolres Tobasa AKBP. Agus Waluyo, SIK melalui Kasubbag Humas Aiptu Khairudin Sukriyanto menyampaikan, dengan resminya keberadaan Kantor dan Pos Basarnas Danau Toba kedepan diharapkan pelayanan pertolongan akan keselamatan pengguna jasa transportasi perairan Danau Toba sudah lebih terjamin dan bisa bergerak cepat dalam memberikan pelayan bantuan pertolongan bila terjadi kecelakaan dan bencana lainnya.

Dengan peresmian kantor Basarnas hari ini, kita berharap kedepannya tidak akan ada lagi kecelakaan yang berakibat fatal sebagaimana kejadian masa lalu yang merengut banyak korban nyawa.

"Tentunya dengan keberadaan Pos Basarnas Danau Toba bila ada kejadian orang tenggelam dan berbagai kejadian lainya yang mengancam keselamatan manusia di perairan Danau Toba semua masyarakat sudah bisa dengan mudah dan cepat untuk menyampaikan informasi dan laporan secara langsung baik via telefon untuk meminta bantuan pertolongan. Untuk itu kita menghimbau seluruh warga masyarakat Kabupaten Toba dan para Tourist/wisatawan bila berlibur atau berwisata di kawasan Wisata perairan Danau Toba, baik saat menggunakan jasa pelayanan transportasi Kapal Danau Toba merasa dan mengetaui ada kejadian yang mengancam keamanan dan keselamatannya atapun warga lainnya serta wisatawan lainnya di kawasan perairan Danau Toba supaya secepat mungkin melaporkannya," imbuhnya.

Tentunya dalam menyampaikan informasi laporan haruslah dengan memberikan informasi yang jelas dan akurat serta kejadiannya di sekitaran mana di kawasan Perairan Danau Toba yang dilaporkan kepada Basarnas sehingga mereka bisa bergerak cepat menanganinya untuk menyelamatkan para korban.

"Kta tetap menghimbau supaya masyarakat, tidak membuat laporan palsu atau candaan ke unit layanan penerimaan laporan dan pengaduan Basarnas. Berikanlah informasi yang benar, tepat dan jelas demi terciptanya Danau Toba dan Masyarakat Kawasan Danau Toba yang ramah, Ber Adat dan Beradap serta peduli akan lingkungan sekitarnya menuju suksesnya Destinasi Pariwisata Danau Toba Go International," himbau Kapolres Tobasa pemilik Dua Melati Emas dipundaknya.