MEDAN-Enduro North Sumatra (ENS), lomba balap sepeda gunung seri pertama tahun 2020 yang digelar pada 7-8 Maret di Simarjarunjung-Tobasari Tea Garden, Kabupaten Simalungun berjalan sukses.

Dua rangkaian kegiatan ENS ini, gowes bareng (gobar) dan race mendapat sambutan baik dari para peserta. Bahkan even ini banyak diikuti peserta dari luar kota.

Peserta Gobar ENS seri pertama ini dilepas Wispramono Budiman dari PTPN 4, Darwin Abdurrahman dari Inalum dan Giar dari Roda Link.

Sekretaris Even ENS, Muhd. Syarif Lubis menyebutkan ENS seri pertama yang digelar tersebut merupakan satu dari tiga seri yang akan dilaksanakan di tahun ini. "Yang pertama semalam bertempat di Bukit Indah. Simarjarunjung dengan finish di Tiga Ras. Diikuti pembalap sepeda tidak hanya dari Sumut saja, tapi juga dari Batam, Sumbar, Aceh dan juga kabupaten/kota di Sumut. Seperti Labuhan Batu, Simalungun, Rantau Parapat dan Tapsel," ujarnya, Selasa (10/3/2020).

Dijelaskannya, ENS merupakan balap sepeda yang lebih mengutamakan track daerah pegunungan yang mengangkat sport tourism. "Berolahraga sambil berwisata," sambungnya.

Event kali ini sebutnya, mendapatkan support dari Polygon, PTPN 4 dan Inalum. Para peserta ENS seri pertama ini dapat menikmati keindahan Danau Toba dengan bersepeda. Hal ini juga sebagai bagian dari upaya ENS dalam mempromosikan potensi pariwisata Indonesia, khususnya Sumatera Utara melalui sport tourism. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk ketahui kegiatan race pada seri pertama ini diikuti 112 peserta. Sedangkan gobar diikuti 420 peserta. Bahkan ditengah merebaknya virus corona, antusias para peserta tetap tinggi untuk mengikuti kegiatan ini. Apalagi pesertanya juga ada beberapa pembalap Enduro Nasional asal Batam seperti Dimas Pamungkas.

Dia menambahkan ENS seri pertama ini merupakan rangkaian 'ENS 2020 Road To The Asian Enduro Series’. Sedangkan Seri kedua, direncanakan akan berlangsung pada, 27-28 Juni. Sedangkan seri ketiga yang merupakan puncak mengambil rute Kawasan Danau Toba berlangsung pada 4-6 September 2019.

Sementara Ketua Umum ENS, Aman Hamonangan Siregar menambahkan dengan lancarnya pelaksanaan ENS seri pertama ini, dia berharap dapat memantapkan event internasional enduro Asian Series.

"Semoga dengan even seri 1 ini, bisa lebih memantapkan untuk ke even internasional Enduro Asian Series pada 4 sampai dengan 6 sept 2020 di Kaldera Tobasa," ujarnya.

Ketua Even Seri 1 ENS, M. Harmeinsyah yang dikonfirmasi terpisah mengatakan antusias peserta untuk mengikuti event ini cukup tinggi. Sebab banyak warga yang mendaftarkan diri on the spot. "Pada seri pertama tahun 2020 ini, banyak peserta dari luar kota. Seperti yang gobar dari Singapura. Sedangkan yang race dari Batam, dan atlet nasional. Jadi dibandingkan tahun lalu, race kali ini banyak diikuti yang peserta profesional, yang sebelumnya banyak yang ikut penghobi sepeda. Kali ini yang ikut yang sering race," pungkasnya.*