MEDAN-Hingga hari ini, Selasa 10 Maret 2020 sudah 652 ribu warga Sumatera Utara (Sumut) yang mengisi Sensus Penduduk (SP) secara Online. Dari 652 ribu warga ini sebanyak 175 ribu kartu keluarga (KK) yang statusnya merespon dengan mengisi secara online atau mandiri.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi mengatakan, dari 175 ribu KK, ada sekitar 145 rumah tangga mengisi dengan benar atau sekitar 530 penduduk.

"Targetnya sampai 31 Maret dan masih ada waktu 20 hari lagi bagi warga untuk mengisi SP Online. Jika dilihat dari data, setiap hari semakin baik keinginan masyarakat untuk mengisi SP Online. Kami optimis bisa meningkatkan lebih banyak warga yang mengisi SP Online, katanya dalam acara Rapat Koordinasi Daerah Dalam Rangka Pelaksanaan SP2020 Online di Medan.

Suhaimi mengungkapkan, target 750 ribu rumah tangga yang ditetap sulit dicapai. Tapi sebenarnya bukan itu yang ingin dicapai melalui SP Online ini, namun segmentasi yang diharapkan bisa terpenuhi 100 persen.

Misalnya, penduduk di apartemen juga ASN. Terutama dalam menjangkau pemukiman yang sulit.

"Tim BPS juga dibantu relawan berupaya mengatasi kendala utama dalam SP Online dengan meningkatkan kesadaran terhadap sensus yang memang rendah. Ini sudah menjadi tugas kami menyampaikan informasi ke masyarakat dan nantinya kami juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah," ungkapnya.

Lebih lanjut, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Pemprovsu, Sabrina menyampaikan, pihaknya menargetkan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah mengisi SP Online dalam minggu ini.

"Pada pertemuan dengan OPD nanti, Pemprovsu akan mendorong mereka untuk melakukan SP Online. Sebagaimana sudah kita ketahui 33 kabupaten/kota sudah melakukan di kantornya masing-masing," ujarnya.

Dengan langkah ini, jelas akan membantu dalam proses pendataan penduduk. "Jadi dalam minggu ini juga, kami minta semua OPD akan melakukan SP Online di kantor masing-masing dengan melibatkan pegawainya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sumatera Utara Ismael Siregar menyebutkan, untuk jumlah penduduk Sumut di tahun 2019 tercatat sebanyak 14,9 juta jiwa. Sementara menurut catatan BPS, jumlah penduduk Sumut tercatat sebanyak 14,6 juta jiwa.

"Kalau data yang kami miliki itu data existing, sementara data yang dimiliki BPS itu data forecasting," pungkasnya.*