TOBASA-Tiga orang siswa/i pelajar SMP terbaik Kabupaten Toba dari SMP Negeri 1 Sigumpar Kecamatan Sigumpar, Restu Simangunsong Kelas IX A, Mindo Napitupulu Kels VII A dan Ivan Sitorus Kelas VIII A berhasil membawa penelitian mereka pada lomba IYSA (Indonesia Young Sains Assosation) di Medan Prop.Sumut dengan materi ilmiah perpaduan Buah Rimbang dengan Susu Kerbau "Utiliti Rimbang As Microemoltion Buvallo Milk" dengan guru pembimbing Roy Siagian,S.Pd dan Kepala sekolah Charles Siagian, S.Pd.

Lomba Peneliti Belia IYSA Indonesia (Indonesia Young Sains Assosation) adalah lomba pertama yang di perlombakan pada tingkat Propinsi di Medan - Sumut pada 16 Nov 2019 dan Tim IYSA sekolah SMP Sigumpar Kabupaten Toba berhasil meraih juara 2 dengan memperoleh medali Silver (Perak) membawakan materi ilmiah penelitian berjudul "Utiliti Rimbang As Microemoltion Buvallo Milk" atau Perpaduan Buah Rimbang dengan Susu Kerbau menjadi Makanan dan Minuman.

Roy menjelaskan, buah Rimbang (dengan nama ilmiahnya "Solanumtorvum") yang termasuk dalam suku buah terong terongan (Solanaceae) kita racik dengan susu kerbau menjadi Makanan dan Minuman karena selama ini buah Rimbang dan Susu Kerbau tersebut kurang di manfaatkan dengan maksimal.

Padahal manfaat buah Rimbang berdasarkan penelitian sangatlah banyak diantaranya kaya anti Oksidan yang sangat tinggi, yang dapat memperbaik sel sel mata diantaranya Flafonoid (Flavonol dan Flavon), Asam Fenolat, Asam Askorbat, Karotenoid, Potasium, Vitamin A (untuk Mata), Vitamin B1, dan Vitamin C dan zat zat tersebut memiliki fungsinya masing masing, mulai dari Antiinflamasi hingga anti Oksida.

Jadi manfaat buah Rimbang ini bagi kesehatan bedasarkan berbagai jenis zat dan vitamin yang dikandungnya diantaranya, memperlancar peredaran Darah, mencegah Diabetes, mencegah dan mengatasi peradangan, mengatasi infeksi, mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan sistim kekebalan tubuh, meminimalisir penyakit Kardiovaskular, mencegah Kanker, merawat fungsi jantung, menjaga keseimbangan cairan tubuh dan merawat kesehatan kulit.sedang di dalam susu Kerbau mengandung kaya Protein, Mineral, Vitamin, rendah Kolesterol, tinggi Lemak serta mengandung Kalsium yang lengkap.

Dengan berbagai Gizi dan Vitamin serta berbagai unsur zat lainnya yang di butuhkan untuk kesehatan tubuh manusia terkandung dalam buah Rimbang dan susu Kerbau ,penemuan ilmiah SMP N.1 Sigumpar. "Utiliti Rimbang As Microemoltion Buvallo Milk", ini akan meningkatkan kesehatan tubuh manusia khususnya bagi kesehatan anak untuk membantu mengurangi tingkat Stunting (tingkat pertumbuhan fisik anak yang rendah akibat kekurangan asupan Gizi)," ungkap Roy.

Lanjutnya, menurut informasi dari Data Kesehatan bahwa tingkat asupan Gizi dan Kalsium anak anak di Tobasa masih ada kekurangan, harapan kita dengan penemuan ini bila diproduksi dan di konsumsi dengan baik oleh masyarakat khususnya anak anak Masyarakat Kabupaten Toba dapat di yakini akan mengurangi tingkat Stunting (kekurangan gizi/kalsium) bagi pertumbuhan anak anak.

"Harapan kita dengan penelitian Buah Rimbang dengan Susu Kerbau "Utiliti Rimbang As Microemoltion Buvallo Milk" kedepan bisa menjadi sebuah menu makanan (makanan jajanan yang dikemas) atau minuman yang dikemas dan bisa didapat dengan mudah untuk dikonsumsi kalangan tingkat usia dengan kemasan makanan/minuman yang berkadar Gizi dan Vitamin lengkap. Dengan perpaduan buah Rimbang dan Susu Kerbau akan menjadi sebuah menu makanan sehat yang lengkap Khas Produksi dari Kabupaten Toba. Dengan penemuan dan penelitian ini diharapkan kedepan dengan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Toba perpaduan buah Rimbang dengan Susu Kerbau ini akan bisa menjadi produk unggulan Kabupaten Toba untuk mendukung Destinasi Pariwisata Danau Toba yakni Makanan dan Minuman produksi Kabupaten Toba perpaduan Buah Rimbang dengan Susu Kerbau (Utiliti Rimbang As Microemultion Buvallow Milk)," harap Roy.

Atas keberhasilan ke 3 siswa/i SMP N.1 Sigumpar Kabupaten Toba ini yang berhasil meraih juara 2 di tingkat Prop Sumut,selanjutnya dipercaya dan terpilih menjadi Duta (utusan) Indonesia pada ajang lomba IYSA di tingkat ASEAN yang juga digelar oleh IYSA di Surabaya dengan di ikuti oleh 7 Negara ASEAN yang diselenggarakan di Surabaya pada 14-16 Februari 2020.

Dikompetisi tersebut tim pelajar SMP Sigumpar Kab Toba dengan penelitian ilmiahnya "Utiliti Rimbang As Microemoltion Buvallo Milk" berhasil meraih predikat juara 2 tingkat ASEAN dari 7 Negeara peserta lomba dengan meraih medali Perak (Silver).

Atas kemenangan di ke dua kompetisis IYSA ini tim sekolah SMP Negeri 1 Sigumpar Kabupaten Toba - Sumut terpilih dan di Percaya menjadi Duta/Delegasi Indonesia untuk mengikuti perlombaan Young Sains Assosation (YSA) tingkat International di kota Seoul Korea Selatan yang akan digelar pada bulan Juni 2020 nanti.

Ketiga Siswa/i yang di wakili oleh Restu Simangunsong Kelas X.A kepada Gosumut menyampaikan harapan mereka kepada pemerintah Kabupaten Toba dengan Bupati Ir.Darwin Siagian. "Kami berharap bapak Bupati bisa membenahi dan memberikan perlengkapan berbagai peralatan Laboratorium sekolah kami, karena sekolah kami masih memiliki peralatan Laboratorium yang minim. Untuk pembiayayaan keberangkatan kami dalam mengikuti setiap Even kegiatan perlombaan, kami berharap bisa di dibantu dengan dana Pemerintah dan kedepannya bisa dianggarkan di Kabupaten karena lomba ini agenda rutin," harap Restu.