ASAHAN-Sambut gelaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan Kabupaten Asahan yang akan berlangsung dalam waktu dekat, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Asahan laksanakan Sosialisasi Penerapan Pasal 71 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Bagi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, Minggu (8/3/2020) di Aula Hotel Bintang, Kisaran.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Perwakilan Bupati Asahan, SIK, Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH, MH, Asisten KASN Pengawasan Bidang Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik dan Kode Perilaku ASN dan Netralitas ASN Drs. Pangihutan Marpaung, MM sekaligus Narasumber, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Forkopimda Asahan, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Ketua Bawaslu Kabupaten Asahan beserta pengurus, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, ASN dan tamu undangan lainnya.

Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH, MH dalam sambutannya menghimbau ASN untuk menjaga netralitas baik sebelum, saat dan setelah pelaksanaan pesta demokrasi khususnya di Kabupaten Asahan.

“Dalam rangka mewujudkan pemilu demokratis, bermartabat dan berkualitas, Bawaslu menghimbau ASN untuk menjaga integritas dan profesionalismenya dengan menjunjung tinggi netralitas berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan selama berlangsung proses pemilihan umum," paparnya.

Sementara Bupati Asahan dalam sambutannya yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. John Hardi Nasution, MSi sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Bawaslu terkait upaya pencegahan dini untuk mengantisipasi potensi terjadinya pelanggaran selama proses pemilukada dengan menggelar sosialisasi seperti ini. Selanjutnya John berharap seluruh peserta khususnya ASN agar benar-benar memanfaatkan sosialisasi ini.

“Kepada seluruh ASN agar proaktif menggali informasi dari narasumber terkait regulasi dan hal-hal yang berkaitan tentang aturan dan kebijakan bagi ASN selama Pemilu agar Pilkada serentak di Kabupaten Asahan dapat berjalan dengan sukses," ujarnya.

Terakhir, John menghimbau seluruh peserta untuk berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif, aman dan tertib agar pelaksanaan pilkada dapat berjalan baik, lancar dan demokratis.*