SAMOSIR-Punguan Ama Katolik (PAK) Gereja Katolik Santa Maria Pardugul, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Paroki Santo Mikael Pangururan, Keuskupan Agung Medan inisiasi perayaan paskah tahun 2020. Acara puncak perayaan hari raya paskah, direncanakan akan berlangsung Minggu 12 April 2020.

Ketua panitia perayaan, Maniur Sitanggang menjelaskan, perayaan paskah itu sebagai program untuk menumbuhkan nilai-nilai kebaikan jemaat, dan sudah menjadi agenda tahunan di Stasi Pardugul.

"Perayaan ini sudah menjadi agenda tahunan stasi Pardugul. Tema perayaan "Bangkitlah berbuat kebaikan kepada sesama, khususnya di Stasi Santa Maria Pardugul", ucap Maniur, Minggu (8/3/2020) di Pardugul.

Dijelaskan lebih lanjut, memeriahkan perayaan, akan ada berbagai perlombaan atau pertandingan sederhana antar lingkungan (lunggu), diantaranya lomba lari goni untuk kaum bapak, ibu termasuk Orang Muda Katolik (OMK).

"Yang paling bermanfaat, akan ada program pemberian bantuan kepada pelajar berprestasi. Hal itu kita lakukan, guna motivasi anak-anak agar lebih giat belajar dan memiliki karakter yang baik," ujar Maniur.

Disampaikan, pada perayaan puncak akan ada lomba koor, lomba memasak bagi kaum ibu dan perayaan liturgi dipadu secara inkulturatif, yakni dengan menggunakan musik tradisional Gondang Batak.

"Pada acara puncak nantinya, bertepatan dengan Hari Raya Paskah yakni Kebangkitan Yesus Kristus, harus dimaknai bahwa seluruh rangkaian kegiatan sebagai upaya membangkitkan perilaku setiap umat untuk berbuat kebaikan," tutup Maniur Sitanggang.

Menambahi, Pengurus Dewan Pastoral Stasi Pardugul, Robin Nainggolan menekankan, kegiatan semacam ini harus digalakkan dan dikemas serius di gereja-gereja, guna mempererat rasa persaudaraan dan menumbuhkan nilai kebaikan bagi umat gereja.

"Di era digitalisasi saat ini, perlu menggalakkan kegiatan yang mampu meningkatkan kualitas iman, sehingga mampu menangkal "virus" negatif yang merusak moral masyarakat," kata Robin.

Adapun panitia perayaan paskah Stasi Santa Maria Pardugul tahun 2020, Ketua Maniur Sitanggang, Sekretaris Tumbor Pasaribu, Bendahara Korlina Sitanggang.

Selanjutnya, koordinator seksi Tobok Simbolon, seksi dana Hotraja Sitanggang, seksi perlombaan Jonner Sinurat, seksi dekorasi Angga Sagala, dan seksi liturgi Patar Sitanggang.