Home >  Berita >  Peristiwa

Kapolres Tapsel Hadiri Peringatan HPN 2020 Dan HUT PWI Ke 74

Kapolres Tapsel Hadiri Peringatan HPN 2020 Dan HUT PWI Ke 74
Senin, 09 Maret 2020 10:11 WIB
Penulis: RD Sir
TAPSEL-Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Irwa Zaini Adib,SIK.MH hadiri acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 sekaligus peringatan HUT Ke 74 Persatuan Wartawan Imdonesia (PWI) yang digelar Sabtu (7/3/2020) di Aula Polres Tapsel.

Ketua PWI Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) Hairul Iman Hasibuan dalam sambutannya mengatakan saat ini banyak oknum wartawan yang tidak menjunjung tinggi Undang - Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers serta Kode Etik Jurnalistik dalam menjalankan tugasnya.

Menurut nya,terjadinya berbagai masalah yang dihadapi wartawan dalam melaksanakan tugas dilapangan tidak terlepas dari kelemahan wartawan dalam menjalankan profesi sesuai dengan UU dan Kode Etik Jurnalistik yang menjadi pedoman.

Ia juga mengatakan jumlah wartawan naik secara drastis disaat menjelang lebaran,padahal yang sudah mengantongi sertifikasi wartawan ( Kartu UKW) untuk wilayah Tabagsel hanya sekira 60 orang.
Ads

Dikatakan Iman, PWI sebagai wadah wartawan yang diakui Dewan Pers tidak bisa memberikan bantuan hukum terhadap wartawan yang bukan anggota PWI,sebab untuk bisa masuk sebagai anggota PWI seorang wartawan harus UKW terlebih dahulu serta berpendidikan sarjana.

Selain Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib,SIK.MH tampak turut hadir Kapolres Padangsidempuan (Pasid) AKBP Juliani Prihartini,SIK.MH, Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Novrizal Yusannato serta perwakilan Bupati Tapsel Sahrul Pasaribu juga yang mewakili Walikota Padangsidempuan.

Acara itu dirangkai dengan penyerahan hadiah lomba karya tulis ilmiah yang digelar Polres Tapsel serta pemberian tali asih kepada sesepuh PWI untuk wilayah Tabagsel.

Dalam kesempatan itu , Kapolres Padangsidempuan AKBP Juliani Prihartini,SIK,MH dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah,termasuk kepolisian butuh koreksi dan masukan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ia berharap kiranya pers selain dapat menyampaikan informasi yang berimbang kepada publik, pers juga harus bijak dalam menyampaikan sebuah informasi kepada publik.

Pada kesempatan itu beliau juga mengakui merasakan suasana yang aman dan nyaman di Padangsidempuan meski baru seminggu bertugas sebagai Kapolres Padangsidempuan.*
www www