LANGKAT-Perayaan hari jadi/milad Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTsN) 4 Langkat berlangsung meriah. Informasi yang dihimpun Sabtu, 7/3/2020 menyebutkan sekolah dimaksud berawal dari nama Jamiatul Khairiyah (swasta-red) namun seiring perkembangan menjadi sekolah negeri sejak 17 Maret 1997.

Tiga kelas dengan 32 siswa/lokal dan Drs Sobirin menjadi kepala sekolah (kasek) perdana serta dididik beberapa tenaga guru.

Berkaitan itu kasek MTsN 4 Langkat yang berada di Bahorok, Ahmad Saidi SPdI melalui bendahara Erwin Candra saat ditemui dikamar kerjanya membenarkan hal itu.

Menurut Erwin, kegiatan hari jadi meliputi doa bersama, persembahan tari " Mardinding" yang diikuti 200 peserta dari siswa sekolah ini.

"Tarian suku Melayu, Jawa dan Karo juga ditampilkan anak didik dari masing -masing kelas untuk menyemarakkan kegiatan. Siswa yang tampil menari mendapat saweran/tip dari guru untuk memberi suffort bagi peserta," ujarnya.

"Berhubung tanggal 17 Maret mendatang diadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sehingga kita percepat, penyesuaian jadwal," kata Erwin.

Penuturan Erwin didampingi Kepala Tata Usaha (KTU) Syamsuddin mengaku saat ini siswa yang menimba ilmu sekolah dibawah naungan kementerian agama (Kemeneg) 592 orang dididik 64 guru dan personil.

Menjawab www.gosumut.com, dikatakannya 35 guru diantaranya berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan saat ini sedang berlangsung pembangunan /renovasi gedung secara bertahap.

Alumni membangun Sementara Jan Jumila Irwan(35 thn) salah seorang siswa perdana (1997-2000 red) mengabdikan diri disekolah itu sejak 2019 lalu.

"Warga desa Tanjung Lenggang kecamatan Bahorok itu menambahkan suatu kebanggaan tersendiri bisa mendidik disekolah tempat saya pernah dididik," imbuhnya.

Berniat membangun generasi bangsa untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga mampu bersaing didunia luar.

"Guru honor Matematika bang dan saat ini ada enam adik kelas (alumni-red) yang mengabdikan di MTsN 4," tandasnya.

Pantauan, usia perayaan dilangsungkan pertandingan bola voli putra dan putri dengan SMP N 6 Satu Atap Bahorok.

Sederhana namun meriah, suatu motivasi yang cemerlang bagi siswa untuk belajar dan menyalurkan minat dan bakat.