TOBASA-Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Edison !anurung, SH.MM didampingi Sekjend DPP KMDT DR.Ir Irian Sitorus lantik Pengurus Cabang KMDT Kabupaten Toba Periode 2020 -2025 di gedung Pendopo Rumah Dinas Bupati Jumat,(6/3/2020).

KMDT hadir di Kabupaten Toba Prop.Sumut dengan tujuan "Bersama KMDT mewujudkan Danau Toba menjadi Destinasi Pariwisata Dunia" dengan Ketua Cabang Kabupaten Toba Efendi P Napitupulu, SE Ketua DPRD Kabupaten Toba, wakil Ketua 1 Ir.Jonggara Manurung dan Sekretaris Candra Sirait serta Bendahara Danret Simanjuntak.

Ketua terlantik Efendi P Napitupulu,SE dalam sambutannya menyampaikan, akan menjalankan amanah yang dipercayakan DPP KMDT kepadanya sebagai Ketua Cabang KMDT di Kab.Toba.

Tentunya dalam menjalankan tugas dan program kerja KMDT harus bersinergi serta menjalin Komunikasi dan kerja sama dengan Pemerintah juga kepada berbagai stack Holder dengan tujuan mensukseskan program pembangunan kawasan pariwisata Danau Toba demi kamajuan dan kemakmuran masyarakat kawasan Danau Toba.

KMDT Cabang Kabupaten Toba akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk mendukung program pembangunan kawasan pariwisata Danau Toba menjadi pariwisata yang go Internasional (mendunia).tentunya harus dengan menjalin komunikasi dan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mensukeskan program kerja KMDT dalam percepatan pembangunan Destinasi Pariwisata Danau Toba.

"Untuk itu kami berharap kepada Pimpinan Pengurus Pusat bisa menggiring dana dari pusat ke Daerah Kabupaten untuk percepatan pelaksanaan pembangunan Destinasi Pariwisata Danau Toba.sebagaimana program kerja KMDT harus bisa membantu dan bergandengan tangan dengan Pemerintah dalam pelaksanaan pengembangan dan pembangunan pariwisata di kawasan Danau Toba," tegas Efendi.

Edison Manurung Ketua DPP KMDT menegaskan KMDT adalah organisasi independent dan profesional serta tidak bisa dipengaruhi oleh siapapun dalam menjalankan fungsi kelembagaannya dan siap bekerja sama serta mendukung Pemerintah dan masyarakat untuk pengembangan pembangunan pariwisata Danau Toba menuju Pariwisata Go Internasional demi kemajuan dan peningkatan ekonomi Masyarakat dalam sektor pariwisata dan berbagai sektor lainnya.

"Pemerintah Kabupaten Toba Samosir mengapresiasi pendirian dan pelantikan pengurus KMDT di Kabupaten Toba Samosir.dengan semakin banyak yang memberikan perhatian dalam pengembangan dan pembangunan kawasan pariwisata Danau Toba dan salah satunya kehadiran KMDT diharapkan kedepannya bisa menambah percepatan pembangunannya serta diharapkan dengan kehadiran KMDT bisa meningkatan percepatan pembangunan pariwisata kawasan Danau Toba," ungkap Bupati Tobasa Ir.Darwin Siagian dalam sambutannya.

Lanjutnya, dengan kehadiran KMDT di Kab.Tobasa diharapkan bisa membantu pemerintah dalam pelaksanaan pembinaan mental dan karakter sosial masyarakat akan dunia pariwisata sebagaimana program kerja organisasi KMDT yang telah disampaikan untuk masyarakat.

"Untuk itu marilah kita bekerja sama untuk mendukung pembangunan pariwisata Danau Toba menjadi Pariwisata yang mendunia (Go Internasional) sebagai salah satu program pembangunan Nasional dari 5 wilayah lokasi pariwisata di Indonesia yang pembangunanya merupakan perioritas utama Nasional.hal ini dibuktikan dengan kehadiran Presiden RI Ir.Jokowido yang sudah 6 kali hadir meninjau kawasan Danau," ungkap Bupati.

Gubsu dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Prop,Sumut Harianto Butarbutar menyampaikan, dengan kehadiran KMDT kedepan diharapkan akan menjadi salah satu pendukung untuk peningkatan pembangunan kawasan pariwisata Danau Toba.

"KMDT tetaplah responsif dalam berbagai tantangan dan hambatan serta mampu memberikan solusi dukungan kepada Pemerintah guna untuk peningkatan dan Percepatan pembangunan pariwisata Danau Toba menjadi pariwisata yang mendunia dan KMDT harus bisa menjadi wadah penampung aspirasi masyarakat serta pendukung pemerintah dalam menjalankan program pembangunan kawasan pariwisata Danau Toba," ungkap Gubsu dalam sambutannya yang bacakan Kadis Tenaga Kerja Prop.Sumut Harianto Butarbutar.