JAKARTA - Petinju andalan Indonesia, Mikhail Roberto Mustika menyusul Aldom Suguro (57kg putra) ke babak perempat final Kejuaraan Tinju Babak Kualifikasi Olimpiade Zona Asia-Oceania di Amman, Jordania. Dengan hasil ini, Mikhail dan Aldom hanya tinggal selangkah lagi untuk melangkah ke semifinal sekaligus memastikan tiket ke Olimpiade Tokyo 2020.

Pada babak perdelapan final yang digelar di Prince Hamzah Sport Hall, Jordania, Kamis (5/3/20200, Mikhail Roberto yang tampil di kelas menengah (75kg) sukses mengalahkan petinju asal New Zealand, Scaife Ryan dengan skor tipis 3-2. 

Ini merupakan kemenangan kedua Mikhail Roberto. Sebelumnya, dia mengalahkan petinju asal Samoa Amerika, George Tanoa dengan skor 5-0. . "Penampilan Mikhail memang luar biasa dengan pukulan-pukulan bersih," kata Manajer Tim Tinju Indonesia, Hengky Silatang melalui WhatsApp. 

Di perempat final, Mikhail Roberto akan menghadapi petinju India, Ashish Kumar yang mengalahkan petinju Chinese Taipei, Cha Wei Kan dengan skor telak 5-0. "Kita sudah melihat permainan Ashish Kumar dan akan mempelajari kelemahannya. Mudah-mudahan Mikhail Roberto bisa mengatasinya dan memastikan tempat ke semifinal sekaligus meraih tiket ke Olimpiade Tokyo 2020 ," jelas Hengky Silatang

Tiket ke babak perempat final sebelumnya diraih Aldom Suguro yang turun di kelas terbang 52kg. Dia mengalahkan petinju Pakistan, Syed Muhammad Asif dengan skor 5-0. Di perempat final, Aldom akan menghadapi petinju Uzbekistan, Zairov yang meraih kemenangan bye di perdelapan final. 

"Aldom dipastikan akan menghadapi pertarungan keras dan kita berharap dia mampu melaluinya dengan baik. Kalau Aldom lolos berarti tiket ke Olimpiade Tokyo sudah pasti diraihnya," ujar Hengky yang juga Ketua Pengprov Pertina DKI Jakarta ini. 

"Ya. Aldom memang akan berhadapan Zairov yang menjadi juara dunia di Rusia tahun 2019. Tetapi saya yakin Aldom bakal mampu mengatasinya dengan kemampuan dan mentalnya palagi sistem penilaian di kejuaraan ini sangat fair," timpal pelatih Tim Tinju Indonesia, Hermensen Ballo. 

Aldom dan Mikhail memang selangkah lagi meraih tiket ke Olimpiade Tokyo 2020. Hal itu terkait dengan ketentuan Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada babak kualifikasi Olimpiade zona Asia Oceania ditetapkan 6 petinju yang lolos untuk kelas terbang 52kg dan 5 petinju untuk kelas menengah 75kg. 

"Sesuai ketentuan IOC, Aldom dan Mikhail hanya butuh masuk ke babak semifinal untuk memastikan tiket ke Olimpiade Tokyo 2020. Kalaupun gagal ke semifinal, Aldom masih punya kesempatan untuk memperebutkan dua tiket tersisa di kelasnya. Begitu juga dengan Mikhail Roberto masih punya peluang memperebutkan satu tiket tersisa di kelasnya sesuai ketentuan IOC, " kata Boy Pohan, wasit bintang 3 asal DKI Jakarta yang bakal bertugas di Olimpiade Tokyo 2020. 

Satu lagi petinju Indonesia yang akan tampil di perdelapan final, Lucky Mira Agusto Hari (Ringan 57kg) akan menghadapi petinju tuan rumah Jordania, Muhammad Abdul Aziz Alwadi. 

Satu-satunya petinju Indonesia yang kalah di babak kualifikasi yakni Ratu Sipa Lau yang dipaksa haru emngakui ketangguhan petinju Sri Lanka, Krisma Ayoma Dulani dari Sri Lanka dengan skor 4-1. ***