MEDAN - Pondok Pesantren Tahfizhil Qur'an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara (Sumut) untuk tahun pelajaran 2020/2021 mulai membuka penerimaan santri baru tingkatan Madrasah Tsanawiyah (MTs) berakreditasi A dan Madrasah Aliyah (MA) berakreditasi B.

Hal itu diutarakan Kepala Tata Usaha Pondok Pesantren Tahfizhil Qur'an Yayasan Islami Centre Sumut, Drs. Hairul Dalimunthe kepada GoSumut.com, kemarin.

Menurut Hairul, Pondok Pesantren Tahfizhil Qur'an Yayasan Islami Centre Sumut yang berlokasi di Jalan Willem Iskandar dekat Rumah Sakit Haji Medan Estate Kabupaten Deli Serdang, memiliki fasilitas asrama yang lengkap dan kondusif, ruang belajar yang nyaman, memiliki Laboratorium IPA dan Komputer dengan Kurikulum wajib Tahfizh Al-Qur'an 30 Juz dan Kurikulum Nasional (SKB 3 Menteri).

Adapun sarana dan prasarana yang tersedia meliputi kegiatan olahraga, dapur umum/kantin, Perpustakaan, Mini Bank (Tabungan Santri), konseling belajar, security 24 jam, CCTV 24 jam, serta ekstrakurikuler berupa Tilawatil Qur'an, Qiro'atul Kutub, pidato Bahasa Arab dan Inggris, Kaligrafi, Nasyid/Hadroh, kitab kuning (Nahwu, Shorof), persiapan Olimpiade Sains, Pencak Silat, Voli, dan Basket.

Pondok Pesantren Yayasan Islamic Centre Sumut yang didirikan Drs.H. A. Muin Isma Nasution, H. Abdul Manan Simatupang dan Dr. H. Maratua Simanjuntak itu pernah menjuarai MTQ/STQ Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional, Juara Kompetisi Internasional Green Solar Cooker, Juara Karya Ilmiah antar Madrasah se Kota Medan, Runner-up Liga Santrise Sumatera Utara, Juara 1 Qiro'atul Kutub, 90 persen lulus Perguruan Tinggi Negeri dan 2 tahun berturut-turut meluluskan alumni ke Al-Azhar Kairo, Libya dan Yaman.

Dijelaskan Hairul Dalimunthe, untuk biaya bulanan santri dikenakan Rp 1,5 juta dan biaya pendaftaran Rp 250 ribu. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Hairul Dalimunthe di nomor Hp/WA 082163889932.***