TOBASA-19 orang anggotaa DPRD Kodya Sibolga berkunjung ke kantor DPRD Toba Samosir Jumat,28/02) dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) pada program Rapat dan Koorsinasi pelaksanaan hasi Reses Dewan.

Hadirnya rombongan DPRD Kota Madya Sibolga dari Komisi A, B dan Komisis C didampingi oleh Kabag Persidangan dan Legislasi DPRD Kodya Sibolga Sopfyan M J serta beberapa staf yang diterima langsung oleh Wakil Ketua 1 DPRD Tobasa Candrow Manurung,SH, Wakil Kwtua 2 DPRD Tobasa Mangatas Silaen serta didampingi anggota DPRD Robinson Sibarani, Toni Simanjuntak, Richard Lubis, Parasian Tampubolon, Frans Hendrik Tambunan, Torang Sitorus serta Sekwan DPRD Tobasa Drs.Augus Sitorus dengan didampingi Kabag Persidangan dan Legislasi DPRD Tobasa J.E Sitinjak,SH.

Sekwan DPRD Kab.Tobasa Drs.Augus Sitorus kepada Gosumut di ruang kerjanya menjelaskan, hadirnya ke 19 Anggota DPRD Kodya Sibolga dengan beberapa Stafnya di DPRD Kab.Toba Samosir untuk melakukan koordinasi tentang pelaksanaan Rapat Paripurna hasil reses anggota Dewan dari Daerah Dapil masing masing di sidang Rapat Paripurna.

Dalam Kunkernya Anggota DPRD Kodya Sibolga mengakui bahwa mereka belum pernah melaksanakan Paripurna Hasil Reses DPRD.dengan hadirnya rombongan DPRD Kodya Sibolga di DPRD Kabupaten Toba Samosir dan melakukan studi banding untuk mengetahui secara rinci tentang tata cara dan pelaksanaan sidang Paripurna akan hasil Reses Dewan dari Dapilnya masing masing Dewan yang selanjutnya di Paripurnakan untuk menjadi usulan dari DPRD dan acuan program kerja kepada Pemerintah Kabupaten.

"Selama ini DPRD Tobasa telah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Legislatif.di setiap pelaksanaan reses Dewan ke setiap Dapil masing masing Anggota Dewan melaksanakan tufoksinya dengan mengecek dan mendengarkan secara langsung akan berbagai keluhan dan permohonan serta harapan masyarakat di Daerah Pemilihannya untuk diprogramkan menjadi program pembangunan demi peningkatan taraf hidup ekonomi masyarakat. Dengan berbagai hasil yang didapat selama Reses Dewan di laksnakan selanjutnya dibawa di sidang Paripurna dengan pelaksanaan agenda sidang Rapat Paripurna penyampaian hasil reses DPRD," ungkap Sekwan.

Hasil reses DPRD yang diparipurnakan bertujuan untuk dapat dimasukkan menjadi bahan pokok pokok pemikiran (pokir) yang merupakan aspirasi masyarakat pada saat pelalsanaan kegiatan reses Anggota Dewan di Daerah Pemilihannya, selanjutnya diharapkan dapat ditampung dalam Rencana Kerja (Renja) SKPD terkait di Pemerintah Kabupaten.

Harapan anggota DPRD Sibolga dengan Kunjungan Kerja yang dilaksankan mereka di Kantor DPRD Toba Samosir karena DPRD kKdya Sibolga sesuai dengan pengakuan mereka bahwa selama ini, hasil reses mereka hanya di sampaikan langsung kepada Ketua DPRD dan tidak di Paripurnakan.ungkap mereka.

Lanjut mereka, dengan hadirnya mereka di DPRD Tobasa akan menjadi bahan acuan kepada para anggota DPRD Kodya Sibolga untuk melaksanakan Sidang Paripurna hasil Reses DPRD sebelum di sampaikan kepada Pemerintahan Wali Kota untuk menjadi bahagian dari rencana Kerja Pemerintah Kota Madya di setiap SKPD Pemkot terkait.

Dalam pelaksanaan Resea Dewan terswbutlah semua ususlan ususlan masyarakat akan ditampung dan dimasukkan dalam Program E-Pokir dan E- Arta untuk menjadi rancangan program kerja selanjutnya di Kab,Tobasa .

Dengan melalui program tersebut, selanjutnya melaksanakan penginputan atau pengumpulan berbagai data oleh Pemkab pada program E-Planing dan E-Budjeting yang nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran dan keuangan daerah dengan tetap mengacu pada skala perioritas akan kebutuhan masyarakat.

Melalui program tersebut nantinya BAPPEDA akan menuangkannya didalam program EPOKIR dan EARTA untuk program dan rencana kerja pembangunan Pemkab Tobasa setelah dibahas di dalam forum RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Derah 2021) dan jika memungkinkan akan dilaksanakan di anggaran P.APBD 2020 hal ini sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Disampaikan Seretaris DPRD Tobasa Drs.Augus Sitorus didampingi Kabag Persidangan dan Legislasi J.Sitinjak,SH.

Hadirnya anggota DPRD Kodya Sibolga diterima oleh Wakil Ketua DPRD Tobasa Candrow Majurung,SH, Mangatas Silaen d8dampingi beberapa anggota DPRD Robinson Sibarani, Toni Simanjuntak, Richard Lubis, Parasian Tampubolon, Frans Hendrik Tambunan, Torang Sitorus serta Sekwan dan Kabag Peraidangan dan Legislasi J.E Sitinjak,SH.