BELAWAN - Kota Belawan merupakan tata ruang nasional yang menjadi pusat strategis nasional. Artinya, denyut nadi pelabuhan Belawan itu akan terasa denyutnya se-Sumatera Utara, bahkan Sumatera bagian Utara. "Terhambat sedikit saja, ini akan berpengaruh ke seluruh Sumatera bagian utara. Artinya ini memang benar-benar kawasan strategis nasional. Makanya kawasan strategis nasional itu memang harus diamankan, karena berkenaan dengan kepentingan rakyat yang sangat banyak sekali," ungkap Akhyar dalam peresmian Jalan Ahmad Bekawan di Lingkungan XI, Kelurahan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (27/2/2020) siang di halaman Kantor Camat Belawan.

Karena begitu pentingnya Kota Belawan, Akhyar mengajak semua pihak termasuk para pengusaha untuk mengamankan distribusi logistik yang bersumber di Belawan.

"Terima kasih kepada tiga perusahaan yang mengerahkan CSR-nya untuk pembangunan jalan ini," ucapnya.

Akhyar juga meminta kepada pihak perusahaan untuk kembali mengerahkan CSRnya untuk penyediaan tong sampah agar Medan bersih dan semakin cantik.

"Kalau Medan cantik, pasti distribusi logistik, kebutuhan logistik, pasti akan meningkat. Bapak ibu sekalian, tadi distir oleh Pak Haji Irfan Hamidi tokoh masyarakat Belawan tentang rencana PT Pelindo membangun kawasan kuliner, ini akan menjadi trigger pertumbuhan di daerah Belawan dan kami berjuang dan berusaha supaya terjadi Trigger ekonomi di Belawan ini," tegasnya.

Dengan adanya wisata kuliner ini, sambung Akhyar, tentunya akan menyerap tenaga kerja dari warga Belawan dan tentu akan terjadinya pertumbuhan ekonomi. Apalagi, Kampung Nelayan Seberang saat ini sudah cantik dan bisa saja pelancong akan singgah ke sana dengan menggunakan kapal-kapal milik warga.

"Kami harapkan kepada Pelindo kalau bisa tidak pakai lama-lama ya Pak Aulia, supaya gerakan ekonomi bisa semakin tumbuh di sini," tandasnya.

Di sisi lain, Akhyar juga menyinggung pembangunan jembatan Sicanang. Di mana, jembatan tersebut sebenarnya sudah siap untuk ditender, namun ada review desainnya hingga dipersiapkan pembebasan lahan.

"Kalau sudah oke, tinggal proses pembayaran setelah itu akan dilaksanakan pembangunan jembatan sicanang yang ambruk tempo hari," terangnya.

Untuk itu, dirinya meminta Belawan harus bebas sampah ini dan Camat juga diingatkan untuk menggerakkan kepling kepling bikin cantik Medan.

"Jadikan perjanjian kinerja setiap kepling. Jadi sekali lagi Pak Camat, ingatkan dalam perjanjian kinerja dengan kepling-kepling dan kepling harus mampu menggerakkan warganya untuk mewadahi sampah," pintanya.

Akhirnya, dengan mengharapkan ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan mengucapkan basmalah, Akhyar meresmikan Jalan Ahmad Bekawan di Lingkungan XI, Kelurahan Bahari, Kecamatan Medan Belawan.

Sementara itu, Camat Medan Belawan Ahmad menyampaikan, pembangunan jalan sekitar 800 meter telah dilakukan dari Simpang Buaya hingga lingkungan XI.

"Dan nanti akan ada pembangunan jembatan menuju lingkungan 11. Selama ini, hanya melewati pintu air. Setidaknya, ada 500 KK lebih warga kita disana. Dengan jalan dibangun, akses perekonomian warga akan meningkat," ujar Camat.

Dirinya juga mengaku, pembangunan jembatan dan perbaikan jalan warga hingga Lingkungan IX akan dilaksanakan tiga minggu mendatang.

"Insya Allah sebelum lebaran sudah selesai dibangun," tandasnya.

Mewakili masyarakat, H Irfan Hamidi menyampaikan, mengucapkan terima kasih atas akses jalan yang dibutuhkan warga dan berharap perekonomian rakyat lebih diperhatikan.

"Bapak dan Ibu sekalian, jangan merasa khawatir, di sini ada Bapak Plt (Walikota Medan Akhyar Nasution_RED) kita dan sebentar lagi mungkin akan menjadi Walikota Medan," terangnya.

Tak hanya itu, kepada warga, Irfan Hamidi juga menjelaskan, jembatan penghubung antara lingkungan 9 dan 11 kurang lebih 3 minggu lagi akan dibangun.

"Tidak usah khawatir, tidak ada yang sifatnya bimsalabim. Tapi kita syukuri akses jalan menuju Kelurahan Bahari sudah sampai di lingkungan 9. Dengan hadirnya sarana prasarana ini memudahkan meningkatkan perekonomian rakyat, sehingga tahap demi tahap bisa berharap Kota Belawan ini dapat lebih maju, indah dan mewujudkan Medan metropolitan seperti dambaan kita," tukasnya.

Usai seremoni di halaman kantor camat, Plt Walikota bersama rombongan meninjau sekaligus melakukan pemotongan pita tanda diresmikannya jalan baru yang disebut Jalan Ahmad Bekawan yang artinya bersinergi, komunikasi, aman, dan wajib anti narkoba.