SIMALUNGUN-Tiga Kecamatan yakni Kecamatan Jorlang hataran, Dolok Panribuan dan Kecamatan Girsang Sipanganbolon menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan ( Musrenbang) di Harungguan Kecamatan Dolok Panribuan, Rabu ( 26/2) sekira jam 10.00 Wib.

Acara musrenbang tersebut dihadiri Ketuaa DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, dan anggota DPRD lainnya seperti Bernhard Damanik, Rospita Sitorus, Maraden Sinaga, Walpiden Tampubolon, Marandus Tindaon, serta perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Simalungun, Camat, para UPTD, Pangulu dan perangkat desa juga tokoh masyarakat Gindo Sinaga.

Camat Dolok Panribuan Septiaman Purba mengatakan acara mursrenbang tersebut bertujuan untuk menyampaikan setiap usulan pembangunan untuk nantinya ditampung pada APBD 2021. Hasil dari musyaawarah dusun dan musyawarah desa disampaikan pada musrenbang Kecamatan untuk nantinya disampaikan pada musrenbang Kabupaten.

"Kita berharap setiap usulan yang diisampaikan untuk nantinyandisampaikan pada musrenbang Kabupaten dapat ditampung dan direalisasikan pada tahun 2021. Usulan setiap Nagori kita lihat masih memprioritaskan perbaikan infrastruktur di wilayah masing-masing, " ungkap Camat.

Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani mengatakan setiap usulan yang disampaikan nantinya akan kita rumuskan bersama Organisasi Perangkat Daerah pada musrenbang Kabupaten. "Kita harapkan kepada para Pangulu menyampaikan usulan skala prioritas sesuai hasil musrenbang di Nagori masing-masing untuk nantinya dapat direalisasikan pada tahun 2021, "ucap Timbul.

Sementara itu Bernhard Damanik anggota DPRD dari Fraksi Nasdem mengatakan sedikit memprotes pelaksanaan acara musrenbang. Seharusnya musrenbang ini cukup membacakan hasil pleno ditingkatkan kecamatan apa saja yang menjadi skala prioritas. Musrenbang ini merupakan amanah Undang-undang dalam proses pembangunan. "Kita harapakan untuk tahun depan pelaksanaanya agar lebih diperbaiki, " tegas Berrhard.

"Hasil musrenbang yang diplenokan ini tentu akan kita kawal sampai pada musrenbang Kabupaten. DPRD bersama OPD nantinya akan merumuskan skala prioritas pembangunan pada tahun depan, karena memang kewajiban kita untuk mengawal aspirasi masyarakat, "tambah Bernhard.

Pangulu Nagori Pinang Ratus melalui Sekretaris Desa Jernih Pane mengaku sedikit kecewa karena setiap usulan prioritas yang kita sampaikan 2 tahun terakhir pada musrembang Kecamatan yakni perbaikan jembatan didusun Pinang Ratus yang sudah putus total namun hingga saat ini belum terealisasi. Terus ditampung namun tidak terealisasi, masa setiap tahun usulan prioritas ini kita sampaikan, "tandas Jernih sedikit kesal.