MEDAN – Salah satu dari komitmen BPJS Kesehatan dalam peningkatan mutu layanan adalah dengan adanya Program BPJS Kesehatan Jemput Bola, di mana BPJS Kesehatan melalui layanan Mobile Customer Service (MCS) akan datang langsung ke masyarakat. Melalui layanan MCS ini, masyarakat kini lebih mudah menjangkau dan mengakses pelayanan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat(JKN-KIS).
 
“Sebenarnya pelayanan yang ada di MCS tidak jauh berbeda dengan pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan, masyarakat bisa melakukan pendaftaran baru, pencetakan kartu peserta, perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama, pindah kelas perawatan dan pemberian informasi atau pengaduan,” jelas Supriyanto Syaputra, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Medan, Selasa (25/2/2020).
 
Untuk di Kota Medan sendiri, BPJS Kesehatan akan ada di empat titik berbeda setiap bulannya, di bulan Februari BPJS Kesehatan ada di Kantor Camat Medan Kota; Kantor Camat Medan Marelan; Kantor Kelurahan Pangkalan Mansyur Kecamatan Medan Johor; dan Kantor Kelurahan Sei Agul. Sedangkan mulai pada bulan Maret, BPJS Kesehatan Medan akan ada di Kantor Camat Medan Marelan; Kantor Kelurahan Sei Agul; Kantor Kelurahan Teladan Timur; dan Kantor Kelurahan Sukamaju, Medan Johor.
 
“Jadi masyarakat yang ada di sekitar lokasi itu dapat mendatangi MCS untuk pengurusan BPJS Kesehatan,” tambah Supriyanto.
 
Mengenai pemilihan lokasi yang dikunjungi MCS BPJS Kesehatan, Supriyanto menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan melihat dari daerah yang paling banyak kunjungan peserta JKN-KIS ke kantor BPJS Kesehatan, namun tidak menutup kemungkinan apabila daerah lain melalui kelurahan atau kecamatannya bersurat agar dapat dikunjungi oleh MCS BPJS Kesehatan.
 
“Kelurahan atau kecamatan bisa bersurat ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan agar dapat membuka layanan MCS di daerah mereka, komunitas juga bisa mengundang kami untuk melakukan sosialisasi dan pembukaan layanan MCS,” tambah Supriyanto.
 
Halimah, salah satu warga yang memanfaatkan MCS di Kantor Camat Maleran mengaku terbantu, karena tak harus ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan untuk perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama miliknya.
 
“Tahunya dari Kepling (kepala lingkungan) pak kalo ada BPJS Kesehatan di sini, makanya langsung datang kemari, kalo harus ke Kantor BPJS Kesehatan jauh dan ongkosnya mahal, tadi saya cek naek gojek bisa sampai 30 ribu” cerita Halimah.