PEKANBARU - Wakil Ketua MPR Syarifudin Hasan atau yang akrab disapa Syarief Hasan, mengapresiasi Universitas Riau (UNRI) yang melakukan tindakan nyata dalam mensosialisasikan 4 Pilar MPR dengan menggelar Olimpiade PPKn ke 9 kalinya.

Saya merasa bangga sekali, karena FKIP UNRI melaksanakan Pekan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang ke sembilan kalinya. Ini adalah salah satu program nyata dalam menghayati empat pilar," ujar Syarif Hasan usai membuka Olimpiade PPKn di FKIP Unri, Pekanbaru, RIau, Senin (24/2/2020).

Dengan demikian kata Dia, UNRI telah memberikan contoh bagaimana menghadapi tantangan global, serta membekali mahasiswanya untuk Membangun bangsa dan negara.

Selain itu, kedatangan Syarief Hasan ke Unri, juga bertujuan untuk menyerap aspirasi terkait dengan rencana Amandemen UUD 1945. "Saya tadi sudah memberikan pandangan awal tentang Glgambaran GBHN dan Amandemen UUD. Jadi saya kesini juga dalam rangka menyerap aspirasi. Bagaimana pandangan Mereka soal amandemen UU45. Pancasila. Kemudian bagaimana pandangan mereka soal instutusi ketatanegaraan kita," tandasnya.

Untuk diketahui, Himpunan mahasiswa program studi PPKn FKIP Universitas Riau (Unri) menggelar olimpiade PPKn ke-9 pada 24-29 Februari 2020.

Ketua Pelaksana Olimpiade PPKn ke-9 Unri, Roberto Edo Deniro mengatakan, bahwa acara olimpiade tahun ini sedikit berbeda dengan olimpiade yang sebelum-sebelumnya. Jika dulunya hanya melaksanakan berbagai perlombaan untuk siswa di tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) di Provinsi Riau, tahun ini ada juga lomba tingkat nasional, yaitu lomba debat mahasiswa nasional dan lomba essai nasional.

"Olimpiade PPKn merupakan perhelatan dan persembahan terbesar dari Himaprodi PPKn FKIP Unri. Yang kali ini akan banyak perubahan dari olimpiade PPKn yang sebelumnya. Ada beberapa cabang perlombaan yang baru dan tentunya sangat menarik, seperti lomba debat mahasiswa nasional dan lomba esai nasional," kata Roberto kepada GoRiau.com di Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Olimpiaade PPKn ke-9 Unri kali ini mengusung tema "Merajut Kebhinekaan Merawat Persatuan dan Kesatuan di Era Milenial".

"Olimpiade ini merupakan salah satu wujud pembuktian cinta dari Himaprodi PPKn FKIP Unri terhadap Indonesia dengan semangat merawat dan menjaga kebhinekaan. Serta menanamkan Ideologi Pancasila serta membentuk generasi Pancasilais dari Riau khususnya dan untuk Indonesia umumnya," katanya.

Adapun kategori perlombaan dalam olimpiade PPKn ke-9 Unri ini, sebagai berikut: tingkat SD meliputi perlombaan tes tertulis, cerdas cermat, dan pidato kebangsaan. Tingkat SMP meliputi perlombaan tres tertulis, cerdas cermat, pidato kebangsaan, dan karikatur.

Sedangkan, untuk tingkat SMA meliputi tes tertulis, cerdas cermat, pidato kebangsaan, karikatur, dan debat pendidikan. Tingkat mahasiswa meliputi perlombaan essai nasional dan debat mahasiswa.

Lalu, untuk umum ada perlombaan ranking 1, photo Mlmoment, video pendek, video dokumentasi, dan lomba mengajar.***