MEDAN - Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Khairul Mahalli bersama Inventor Metamaterial yang juga Dosen/Peneliti FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) Kh. Dr. Muhammad Sontang Sihotang, S.Si, M.Si melakukan uji coba inovasi prototipe pembersihan kontainer untuk kinerja halal logistik di PT Samudera Sarana Logistik Jalan Pelabuhan Gabion Belawan Medan, Senin (24/2/2020).

Uji Coba prototipe tersebut dilakukan sebagai pilot proyek untuk memenuhi tuntutan pasar nasional dan internasional yang meminta agar produk yang dikirim bersih, suci, sehat dan berkah (halalan thoyyiban).

Hadir saat itu Branch Head PT Samudera Sarana Logistik Deny Faisal, ahli aplikasi inovasi bahan organik berbasis komunitas UMKM dan industri yang juga Dosen FISIP USU Dra. Dara Aisyah MSi Ph.D, Ketua Komite Industri Kreatif Ir. Raulan Togatorop serta sejumlah staf PT Samudera Sarana Logistik.

Uji coba prototipe ditandai melakukan pembersihan container dengan bahan Metamaterials Organik. Adapun perlakuan pembersihan container untuk memenuhi kinerja logistik halalan thoyyiban yang selama ini belum diketahui bagaimana menentukan standar halalnya, tutur Khairul Mahalli.