MEDAN-Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) terus berinovasi dan melebarkan sayap dalam memberikan pelayanan yang paripurna bagi masyarakat luas. Bertepatan dengan momentum perayaan hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari, Rumah Sakit milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini baru saja meresmikan Ruang Rawat Inap Onkologi Terpadu yang terletak di Instalasi Rawat Inap Terpadu B Lantai 3 pada hari Senin (24/2/2020).

“Saya surprised dengan pembukaannya tadi, ini menunjukkan antusias dari tenaga medis kita dalam memberikan pelayanan yang baik di tempat yang baru ini yang mana Layanan Onkologi ini adalah layanan unggulan kita. Saya tekankan, patient safety diutamakan dalam pelayanan, inilah yang menjadi ujung tombak pelayanan di rumah sakit ini,” ucap Direktur Medik dan Keperawatan dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K).

Zainal mengatakan bahwa Rumah Sakit berstandar internasional ini akan terus berinovasi untuk menyeimbangkan kebutuhan pasien tentunya dengan berfokus pada keselamatan pasien. Beliau juga berharap meningkatnya kualitas pelayanan yang disuguhkan akan sejalan dengan meningkatnya income yang diperoleh Rumah Sakit.

Senada dengan hal tersebut Direktur SDM dan Pendidikan RSUP HAM, Dr dr Fajrinur Syarani MKed (Paru) SpP (K) mengajak kepada setiap unit terkait untuk saling bekerjasama dengan baik demi meningkatkan pelayanan di rumah sakit pusat rujukan ini. Fajrinur mengaku seluruh Jajaran Direksi siap dan terbuka terhadap setiap kritikan dan saran demi menyempurnakan pelayanan di RSUP HAM.

“Ini adalah satu dari mimpi kita. Saya mohon kita harus saling mendukung untuk mensukseskan pelayanan ini, yaitu pelayanan yang cepat. Ini dibuat sedemikian rupa sesuai dengan kemampuan kita. Manajemen juga terbuka dengan kritik dan saran bagaimana agar semakin sempurna,” tegas Fajrinur..

Peresmian diawali dengan tari Tor Tor Sinanggar Tulo oleh mahasiswa perawat yang sedang bertugas dibawah bimbingan Kepala Ruangan Rawat Inap Onkologi mengiringi para peserta memasuki lokasi peresmian ini. Turut hadir Kepala Instalasi Rawat Inap Terpadu B dr M Riski Yaznil MKed (OG) SpOG, dr Montesqieu Silalahi, dr Kamar Basri Siregar SpBOnk dan sebanyak 50 orang menghadiri acara ini diantaranya Pejabat Struktural, Kepala Instalasi RSUP HAM dan para staf medis.

Pemotongan pita oleh Direktur SDM dan Pendidikan RSUP HAM mewakili Direktur Utama menandakan resminya beroperasi Ruang Rawat Inap Onkologi Terpadu RSUP HAM. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan telusur Ruang Rawat Inap Onkologi Terpadu dan bersama-sama menuju Unit Transfusi Darah RSUP HAM untuk melakukan kegiatan donor darah.*