ASAHAN-Berdasarkan surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 13.4-BAG-KESRA-TAHUN 2020 tentang pembentukan Panitia Penyelenggara, Dewan Pengawas dan Dewan Juri Fetival Seni Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2020, Bupati Asahan H. Surya, BSc resmi melantik Dewan Hakim Festival Nasyid Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2020 di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Senin (24/2/2020).

Danlanal Tanjung Balai Asahan, Perwakilan Dandim 0208 Asahan, Perwakilan Danyon 126/KC, Perwakilan Ketua Pengadilan Negeri Kisaran, Perwakilan Kapolres Asahan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kakankemenag Kabupaten Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan dan Para Dewan Hakim yang dilantik dan dibait hadir dengan seksama.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahan, Bupati Asahan memakaikan toga kepada Ketua dan Sekretaris Dewan Hakim Festival Nasyid Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Asahan yang menandakan Dewan Hakim Festival Nasyid Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Asahan resmi dilantik.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Asahan H. Surya, BSc berharap kepada Dewan Juri dapat menilai dengan profesional, sesuaikan dengan disiplin ilmu yang dimiliki serta menghindari kolusi dan nepotisme yang dapat berpengaruh buruk bagi proses dan hasil akhir dari pelaksanaan Festival Nasyid tahun 2020.

Selain itu H. Surya juga menyampaikan hasil dari pelaksanaan Festival Nasyid ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi Pemerintah Kabupaten Asahan sebagai indikator keberhasilan pelaksanaan program pembangunan keagamaan di Kabupaten Asahan dan akan menjadi masukan untuk penyusunan program keagamaan kedepan. Untuk itu, kepada para Dewan Juri H. Surya berharap dapat bekerja dengan objektif dan penuh rasa tanggung jawab kepada Allah SWT.

"Kepada para Dewan Juri pertahankan citra positif dan citra pelaksanaan Festival Nasyid. Apabila citra positif tersebut sudah berkembang ditengah-tengah masyarakat, masyarakat akan tetap antusias dan semangat dalam melakukan pembinaan peserta untuk meraih prestasi serta menyambut gembira dan mendukung setiap pelaksanaan Festival Nasyid yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan yang akan datang," ujarnya.

Selanjutnya beliau mengatakan Festival Nasyid merupakan sarana evaluasi dan bukan tujuan akhir. Ada pun tujuan lebih penting yang sebenarnya ingin di capai dengan pelaksanaan Festival Nasyid yaitu peningkatan minat generasi muda dalam melestarikan budaya dan kesenian Islam serta pengetahuan masyarakat akan pentingnya seni nasyid dalam upaya membangun mental spiritual masyarakat.

Mengakhiri bimbingan dan arahannya, Bupati menyampaikan bahwa pada tanggal 23 September 2020 akan diselenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan. Untuk itu Bupati Asahan mengajak kepada seluruh masyarakat agar hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing dan mempergunakan hak suaranya.

"Jangan golput karena suara yang diberikan akan menentukan Asahan 5 T tahun kedepan," tuturnya.

Adapun Dewan Hakim yang dilantik yakni H. Humaidy Samsuri S. Pane sebagai Ketua Merangkap Anggota Bidang Penampilan, Drs. Damanhuri Lubis, M. Pd sebagai Sekretaris Bukan Anggota, H. Husni Bunaiya, SE, MM sebagai Anggota Bidang Vokal, Juraida sebagai Anggota Bidang Vokal, Marwan Pangaribuan, S. Pd.I sebagai Anggota Bidang Instrumen dan Muhammad Fauzi, SE Anggota Bidang Instrumen.*