LANGKAT-Untuk meningkatkan tali silaturrahmi dan juga rasa kekeluargaan sebagai sesama penyelenggara pelayanan sosial di kecamatan. Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Mengadakan study banding di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Sabtu,(22/2/2020).

Rombongan TKSK Aceh Besar tersebut dipimpin oleh Koordinator TKSK Kabupaten Aceh Besar Bustami bersama mantan Koordinator TKSK Provinsi Aceh Muhammad Prawira Haji.

Pemda Aceh cukup mendukung tercermin saat keberangkatan tim dilepas oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar, Jamaluddin. Demikian diuraikan Bustami dan menjelaskan , TKSK Aceh Besar berjumlah 23 orang sama dengan jumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Besar.

"Jumlah tersebut sama dengan jumlah TKSK Kabupaten Langkat. Berkunjung datang dari Aceh Besar untuk menggali ilmu dan inovasi pemberdayaan sosial serta menambah wawasan dan pengetahuan pelaksanaan pelayanan sosial di Kabupaten Langkat," imbuhnya.

"Terkesima penyambutan rekan Silayani TKSK Brandan Barat dan Ismail TKSK Babalan Kebupaten Langkat, yang sudah menyambut kami di perbatasan Aceh dan Sumut. Menikmati sajian menu di Pangkalan Brandan. cerminan makna keakraban dalam kebersamaan warga Langkat. Saling tukar informasi untuk meningkatkan silaturrahmi antar penyelenggara pelayanan sosial serta FGD strategi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS)," ujar Bustami.

Sementara itu Koordinator TKSK Kabupaten Langkat M Salim, menyambut baik kedatangan rombongan TKSK Aceh Besar. Selain itu Salim menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Sosial Aceh Besar karena telah memilih Kabupaten Langkat sebagai tujuan study banding para relawan TKSK.

"Sampaikan salam dan apresiasi saya kepada kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar bapak Jamaluddin, ini suatu kehormatan bagi kami TKSK Langkat," ucapnya.

Dijelaskan Salim, TKSK Langkat ini sebenarnya biasa saja, namun dukungan dan support yang kuat dari Kepala Dinas Sosial Kabupaten Langkat ibu Rina Wahyuni Marpaung itu yang membuat pihaknya tetap semangat. "Tetap mau belajar sehingga pelayanan sosial dan pendampingan program yang kami jalankan bisa berjalan sesuai harapan," tandasnya.

"TKSK itu, kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja tuntas, soal rezeki itu sudah diatur oleh Allah SWT, " imbuhnya.

Perbincangan antara relawan TKSK Aceh Besar dan Langkat itu pun terus berlanjut terkait dengan program pemberdayaan, pelayanan sosial dan juga program yang baru diluncurkan di tahun ini yaitu pendampingan program Sembako.

Saat hendak meninggalkan kabupaten Langkat, Koordinator TKSK Aceh Besar Bustami memberikan cenderamata berupa pelakat kepada Koordinator TKSK Langkat untuk diserahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Langkat. Rombongan TKSK Aceh Besar melanjutkan perjalanan ke Kota Medan.

"Saya pernah bertemu dengan Rita Mutia dan Munizar beberapa tahun lalu di Kota Padang Sumatera Barat, sebagai sesama pendamping Kelompok Usaha Bersama, kini bertemu lagi. dengan Prawira Haji juga pernah bertemu di Surabaya, dalam acara HKSN,"pungkas Salim.