MEDAN - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Meda Ir H Ahyar Nasution MSi menghadiri Pesta Bona Taon 2020, Parsadaan Toga Maullang (Partogam) se-Kota Meda di Auditorum Unimed, Sabtu (22/2) siang. Dalam amanatnya, seluruh warga diajak bersaama jalankam gerakan #yokbikincantikmedan. “Saya senang bisa berkomunikasi dengan Partogam. Saya ingin sapa semua pihak, bagaimana Kota Medan ini kita bikin (buat) cantik. Karena cantik itu idaman semua orang,” ujar Akhyar.

Sebab katanya, cantik untuk Kota Medan adalah didahului oleh kebersihan, rapi dan tertib. Karena itu, Pemko Medan bertugas menjaga semuanya, untuk mewujudkan Medan menjadi cantik, sebagaimana didamkan seluruh warga.

“Langkahnya adalah, ayok (ayo) bersihkan Kota Medan. Karena sekian tahun kita bersihkan parit, lebih 50 persen isinya botol/sampah plastik. Jadi mohon maaf, saya bawa botol (minum) sendiri. Karena jika belum bisa tertib (semua),” sebut Akhyar mencontohkan gerakan sederhana mengurangi sampah plastik.

Sebab menurut Akhyar, pengurangan penggunaan botol plastik sekali pakai, akan mengurangi jumlah sampah yang setiap hari dihasilkan. Terlebih lagi, tidak sedikit akhirnya dibuang begitu saja dan masuk ke parit, hingga menyumbat saluran air.

“Inilah lagkah penyelamatan Medan. Kalau sudah bersih dan cantik, pasti jadi idaman semua orang,” tambahnya.

Begitu juga masalah narkoba, Akhyar mengaku prihatin terhadap kondisi saat ini. Sebab itu, ia meminta semua pihak khususnya keluarga besar Partogam, boru, bere, ibebera se-Kota Medan untuk memerangi peredaran barang haram tersebut.

“Karena tidak ada yang menjamin keluarganya tidak terkena narkoba. Kalau ini bisa kita atasi, maka Kota Medan akan aman dan nyaman. Semoga kita dapat hidup damai, tenang, dalam kebersamaan dan saling menghormati,” ajaknya.

Dalam pesta tersebut, juga dilakukan Pelantikan pengurus Partogam periode 2020-2024. Nama Dr Sanco Manullang dilantik sebagai Ketua untuk keanggotaan 1.200 kepala keluarga dari 30 sektor se-Kota Medan, termasuk Partogam yang beragama Islam.

Menanggapi ajakan Plt Wali Kota Medan, Dr Sanco Manullang menyambut baik hal tersebut. Sebab tujuan gerakan #yokbikincantikmedan adalah untuk kebaikan dan kemaslahtan umat di Kota Medan. Karenanya, mereka meyakinkan komitmen bahwa kebersihan dan memerangi narkoba adalah langkah yang harus didukung bersama.

Hadir dalam Pesta Bona Taon Partogam, Dewan Pembina Marganti Manullang, Penasihat Harapan Manullang, serta Ketua DPRD Medan Hasyim SE. Dirangkaikan dengan penyerahan Kartu BPJS oleh Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution kepada sejumlah perwakilan anggota Partogam. (*)