PALUTA-Terkait beberapa pemberitaan media tentang stegmen tentang dukungannya terhadap perusahaan yakni PT CIS (Cahaya Inti Sawit) yang berada di Desa Kosik Putih Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Propinsi Sumatera Utara.

Ketua DPRD Kabupaten Paluta H.Mukhlis Harahap memberikan klarifikasi serta membantah jika dirinya pernah ucapkan kalimat mendukung perusahaan PT CIS meski tanpa mengantongi izin dari Pemkab setempat.

Ketua Partai Golongan Karya Paluta ini Kepada GOSUMUT Sabtu (22/2/20) via seluler menjelaskan bahwa beliau tidak pernah mengeluarkan stegmen mendukung perusahaan PT CIS ,atau perusahaan manapun yang tidak memiliki izin seperti yang berkembang saat ini dibeberapa media.

Politisi Partai Golkar yang sudah menjabat tiga kali sebagai Ketua DPRD di Paluta ini juga membenarkan bahwa beberapa waktu lalu pernah didatangi awak media dengan tujuan meminta tanggapannya tentang PT CIS yang belum mengantongi izin.

Saat itu ia mengatakan mendukung penuh PT CIS menanamkan modalnya diwilayah Paluta sepanjang perusahaan itu tetap berusaha mendapatkan izin dari pihak Pemkab Paluta.

Ia juga menyampaikan akan mendukung penuh siapapun investor yang mau menanamkan modalnya diwilayah Paluta sesuai dengan kebijakan Pemerintah Pusat demi mendorong investasi di seluruh Indonesia.

Sebab menurutnya,dengan adanya investor yang masuk ke wilayah Paluta maka akan dapat menyerap tenaga kerja sehingga dapat mengurang jumlah pengangguran diwilayah ini.

Jadi pada intinya ia mengatakan tidak pernah mendukung perusahaan manapun jika memang tidak punya izin,berbeda dengan jika perusahaan itu masih proses pengurusan izin.

"Saya tidak pernah mengatakan akan mendukung perusahaan yamg tidak punya izin,berbeda dengan perusahaan yang sedang berupaya mengurus izinnya seperti PT CIS," kata H Mukhlis.

"Jadi kita tidak bisa bilang PT CIS tidak mengantongi izin,sebab mereka saat ini sedang berusaha keras untuk melakukan pengurusan perizinannya,jika memang nantinya mereka telah finish tidak diberikan izin oleh Pemkab Paluta maupun lainnya,saya tidakkan mungkin mendukung perusahaan itu " ucapnya mengakhiri.

Terpisah,salah satu warga desa kosik putih Kecamatan Simangambat kepada Gosumut mengakui bahwa masyarakat desa itu sangat terbantu sejak berdirinya PKS PT CIS diwilayah itu,selain dapat bekerja diperusahaan itu,mereka juga tidak lagi harus jauh menjual hasil kebun sawitnya seperti selama ini.

"Saya selaku warga Desa Kosik Putih sangat berterimakasih atas berdirinya PKS PT CIS didaerah kami ini,selain mempermudah kami menjual hasil kebun kelapa sawit kami,perusahaan itu juga membuka lowongan kerja bagi putra daerah sini," kata warga yang tidak ingin dicantumkan namanya via seluler.*