Home >  Berita >  Peristiwa

Wow! Gedung Tourist Information Center di Nisel Sudah Beroperasi, Begini Tampilannya

Wow! Gedung Tourist Information Center di Nisel Sudah Beroperasi, Begini Tampilannya
Jum'at, 21 Februari 2020 19:43 WIB
Penulis: Halawa
NISEL-Gedung Tourist Information Center (TIC) yang telah selesai dibangun dekat Kantor Camat Luahagundre Maniamolo, bersumber dari DAK Reguler bidang pariwisata Tahun Anggaran 2019 dengan nilai kontrak sebesar Rp.246 juta, kini sudah beroperasi.

Hal ini dikemukakan Kadis Kebudayaan, Pariwisata, Pemudan dan Olahraga (Budparpora) Nisel, Anggreani Dakhi kepada wartawan, di Kantornya, jalan arah Lagundri-Sorake Km 7, Fanayama, Jumat, (21/2/2020).

Anggreani menjelaskan, gedung tersebut berfungsi sebagai akses bagi para wisatawan untuk memperoleh semua informasi mengenai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Nias Selatan.

"Saat ini, sudah kita fungsikan.gedung tersebut dan petugas nya juga sudah ada kita tempatkan disana untuk memberi informasi seluas-luasnya kepada para wisatawan yang berkunjung terkait pariwisata Nias Selatan. Jadi, kita berharap agar para wisatawan dapat mempertanyakan semua informasi mengenai pariwisata Nisel," tuturnya.
Ads

Ia menyebutkan, gedung itu juga pada tahun ini, akan dilengkapi dengan sistem informasi pariwisata berbasis digital.

Selain itu, pihaknya juga telah membangun gedung kios cenderamata berdampingan dengan gedung TIC dengan nilai kontrak sebesar Rp.283 juta bersumber dari DAK reguler bidang pariwisata TA.2019.

"Gedung Cenderamata itu saat ini masih belum difungsikan karena masih dalam proses mencari siapa pihak yang akan memanfaatkannya. dan kita tidak pungut biaya sewa. Artinya, mau BUMDes atau pihak siapapun yang menempati kios itu nantinya, biaya sewa gedungnya gratis. Yang penting bisa dimanfaatkan sebagai tempat penjualan souvenir dan kerajinan lainnya," ujarnya.

Sementara, salah seorang petugas TIC, Saohagolo Wau didampingi Rahmad Kudus Wau kepada wartawan di gedung TIC, Jumat, (21/2/2020) mengatakan, mereka berdua telah bekerja mulai awal Januari 2020.

Dan sejak gedung tersebut dioperasikan, sambung dia, sudah ada dua wisatawan yang berkunjung di gedung TIC untuk menanyakan seputar informasi destinasi wisata di Kabupaten Nias Selatan dan yang ada di Kepulauan Nias.
www www