SIMALUNGUN-Sebanyak 70 orang siswa mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) mata pelajaran IPA dan Matematika tingkat Sekolah Dasar(SD) yang digelar di SDN 091444 Dolok Maraja, Kecamatan Dolok Panribuan, Kamis (20/2) sekira jam 10.00 Wib.

Siswa SD Santo Antonius Padua Tiga Dolok atas nama Ruth Maria Nainggolan berhasil meraih juara I untuk mata Pelajaran IPA, sementara untuk mata pelajaran Matematika juga diraih siswa SD Santo Antonius Padua Tiga Dolok atas nama Dhiego Nataniel Sinaga.

Adapun juara ke II untuk meta pelajaran IPA dirwih oleh Adelia Rosa Sitanggang siswa SDN 091445 Dolok Maraja, juara III diraih oleh Qwen Stefani Sidabalok siswa SDN 091448 Saribujawa. Sementara untuk juara II mata pelajaran Matematika diraih oleh Daniel Hutapea siswa SDN 098164 Dolok Parmonangan dan juara III diraih oleh Hestinar Simanjuntak siswa SDN 097382 Bulu Malando.

Kepala Sekolah SD Antonius Padua Suster Berliana Lumbanbatu mengatakan sangat bangga atas raihan siswanya yang berhasil menyabet juara I untuk kedua mata pelajaran yang dilombakan pada KSN tahun ini.

"Saya tentunya bangga atas raihan siswa saya, semoga dengan prestasi yang mereka raih semakin memacu semangat mereka dslam belajar dan meraih prestasi kedepannya," ujarnya.

Semoga nanti saat mengikuti KSN tingkat Kabupaten mereka juga dapat meraih juara I untuk membawa nama baik sekolah. Kita harapkan mereka semakin semangat belajar dan pihak sekolah akan mempersiapkan mereka semaksimal mungkin untuk menghadapi KSN tingkat Kabupten yang akan segera dilaksanakan, "ungkap Berliana.

Sementara itu Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Dolok Panribuan Aman Sitorus menyampaikan terima kasih kepada panitia sehingga pelaksanaan KSN berjalan sukses.

"Kepada para juara I agar tetap semangat dan semakin giat belajar karena akan diutus mewakili Kecamatan Dolok Panribuan dalam KSN tingkat Kabupaten tahun ini dan kita harapkan nantinya juga dapat meraih yang terbaik ditingkat Kabupaten, "ujarnya.

"Bagi yang belum berhasil menjadi juara jangan berkecil hati, namun semakin memacu semangat belajar, dan kepada masing-masing Kepala Sekolah mari kita sama-sama meningkatkan pendidikan agar kedepannya dunia pendidikan khususnya di Kecamatan Dolok Panribuan semakin lebih baik, "pungkas Aman Sitorus.*