MEDAN-Pokja (Kelompok Kerja) Sumut Bermartabat Disperindag Sumatera Utara yang di bina Dinas Indag Sumut untuk memfasilitasi UMKM UKM dan IKM yang ada di Sumatera Utara.

"Bukan hanya mengangkat UMKM naik kelas, mengurus izin birokrasi, packing, memberi motifasi , mengikuti pameran dalam dan luar negeri, namun sampai mencari pasar juga menjadi tugas Pokja SB Disperindagsu menjembatani ke buyer, baik Lokal bahkan Global," ungkap Kepala Humas Pokja Sumut Bermartabat Disperindag Sumatera Utara, Efriadi Gusman Effendi kepada Gosumut di ruang Kerja Pokja, Gedung Disperindagsu lantai 2 Medan Jumat (21/2/2020).

Dijelaskannya, Local to Global menjadi tujuan Pokja. "Dalam kinerja nya Pokja tidak lepas dari kepedulian kepada para pelaku usaha kecil menengah yang bukan hanya di kota, bahkan ke desa. Sebab Pokja melihat kesenjangan, seperti ada jarak pembatas desa dengan kota, sementara rotasi perekonomian yang dikota merupakan hasil bumi, komoditi yang dikerjakan rakyat di desa," imbuhnya.

"Pokja berharap adanya perubahan, agar kelompok tani, pelaku usaha kecil menengah di desa bisa langsung mendapat pasar tanpa adanya perantara/agen yang membeli produksi mereka dengan sangat murah sementara harga yang dijual lagi nanti sangat tinggi, seperti yang selama ini kita ketahui bersama," jelasnya.

Salah satu program yang ada di agenda kerja Pokja, selain sosialisasi dan edukasi di pedesaan, juga ada program desa digital dan desa organik. Yang mana Pokja sebelumnya sudah merealisasikan membantu listrik masuk ke dusun, memberi bibit tanaman kepada kelompok tani.

Ia menjelaskan Pokja Sumut Bermartabat Disperindagsu yang berjalan yang hampir 1 semester bekerja tanpa biaya/Non APBD Sumut, yang mana para pelaku di Pokja SB ini adalah para tokoh intelektual, akademisi praktisi, enterpreneur, pengusaha dan pedagang.

"Bermartabat tidak lepas dari kesejateran dan meningkatkan perekonomian rakyat. Program kerja Pokja ini sejalan mendukung visi misi Gubsu dan Wagubsu, Membangun Desa Menata Kota. Bahkan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah selalu menghimbau dan mengingatkan agar warga Sumatera Utara bersama mendukung kinerja Provsu untuk kita wujudkan Sumut Bermartabat," ucap Efriadi Gusman Effendi. Sambutan, dukungan dan apresiasi untuk Pokja SB Disperindagsu dari OPD-OPD dan BUMD. "Adapun OPD yang belum mendukung, karena kami Pokja memang belum silaturahmi walau ada juga oknum oknum yang menolak tidak mendukung Pokja SB ini, tentunya itu nanti Rakyat, Gubsu dan Wagubsu yang menilai pembantu-pembantunya yang loyal setia dan amanah dengan kepercayaan yang di berikan,"ungkapnya memberi komentar.*