MEDAN - Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Khairul Mahalli meluncurkan usaha Abon Ikan Berkalsium Organik pertama di dunia, dengan menggunakan pati dan minyak berkalsium hasil formula Dosen/Peneliti FMIPA Universitas Sumatera Utara (USU) Kh. Dr. Muhammad Sontang Sihotang S.Si M.Si (yang juga mantan dosen Fisika Food Teknologi Universiti Malaysia Terengganu-Malaysia) bersama Owner Abon Ikan Muhammad Ikhsan di Stand CSR (Corporate Social Responsibility) Focal Point Mall yang dipimpin Palacheta Subies Subianto untuk 4 pengusaha UMKM di arena Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-53 Kota Medan di Medan Selayang, Jumat malam (21/2/2020).

Hadir saat itu sang Inventor Kalsium Organik Kh. Dr. Muhammad Sontang Sihotang, S.Si M.Si yang juga Anggota Pusat Unggulan Inovasi Green Chitosan & Material Maju USU yang diketuai Prof. Dr. Harry Agusnar M.Sc, Muhammad Ikhsan selaku Owner Abon Ikan dengan merek dagang Kak Ros, Dosen Fakultas Teknik Industri USU Dr. Nazaruddin Matondang yang juga sebagai Pembina Kadin Sumut, Ketua Komite Industri Kreatif, Ir. Raulan Togatorop, Ketua Komite Riset & Development (R&D) Inovasi Produk Pesisir Dr. Muhammad Sontang Sihotang dan Ketua Komite R&D Pemberdayaan Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir dan Tata Kelola Limbah Pesisir Pantai Dra. Dara Aisyah M.Si., Ph.D., Pengusaha UMKM aneka produk pangan berkalsium organik, Ir. Yessy Tanjung dan pengusaha UMKM Kebab berkalsium Crispy Medan Mustika Putra bersama isteri Ummu Nabil.

Menurut Khairul Mahalli, Abon Ikan Berkalsium Organik pertama di dunia ini bisa menjadi produk UMKM berkualitas ekspor yang dapat mengharumkan nama Kota Medan Sumatera Utara.

"Kadin Sumut berharap, produk Abon Ikan Berkalsium Organik ini dapat terus berproduksi dengan lancar sembari Kadin mencari pasar ekspor ke luar negeri, " ujar Khairul Mahalli yang juga Ketua Umum Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) Pusat.

Khairul Mahalli menegaskan, dirinya sebagai Ketua Kadin Sumut sangat konsen (concern) untuk memajukan UMKM naik kelas. Karena itu dia terus mendorong dan membantu UMKM dalam melengkapi perizinan serta sertifikasi halal ke instansi terkait.

"Kita ingin UMKM di Sumut maju dan berkembang, " katanya yang dalam waktu dekat Kadin Sumut akan menggelar festival 1.000 UMKM bekerjasama dengan berbagai pihak.