MEDAN - 13 turunan pohon serai wangi bakal mengisi produk keperluan rumahtangga di kawasan Sumut. Produk unggulan dari Kabupaten Asahan tersebut turut mengisi acara pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Provinsi Sumut di KIM 4 (Kawasan Industri Modern), Kamis (20/2/2020).

Diawali saat studi banding di Jawa Tengah, Kades Perhutaan Silau Kec. Pulo Bandung, Kabupaten Asahan Sugianto terinspirasi dengan pohon serai wangi. Lantas Pak Kades Sugianto mengambil sikap lalu menciptakan beberapa produk unggulan untuk rumah tangga yang berasal dari pohon serai.

Dari turunan minyak serai yang disuling terciptalah super pel, sabun cuci piring, preshcare, baby oil, teh serai wangi, kit pengakilat mobil, pengharum mobil dan minyak anti nyamuk elektrik. Kesemua barang keperluan rumahtangga yang telah diproduksi selama 6 bulan itu, sekarang terjual laris manis di pasaran.

Pengembangan produk unggulan rumahtangga temuan Pak Kades kini baru dilakukan di Kabupaten Asahan yang bakal terus mengitari beberapa Kabupaten/ Kota di Sumatera Utara.

Untuk memenuhi produksi, saat ini pohon serai wangi ditanam 30 ribu batang ditanam di kawasan Desa Perhutanan Silau, Kisaran Asahan.

Humas Pokja Sumut Bermartabat Efriadi Gusman Effendi , harapan agar pelaku UMKM lebih diprioritaskan dalam segala hal, khususnya dalam persoalan perizinan.

"Harapan pelaku usaha kecil dan menengah agar dipermudah perizinannya," kata Efriadi.