SERDANGBEDAGAI-Kementerian Pertanian RI DR. Syahrul Yasin Limpo, SH,MH akan melakukan kunjungan Di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara untuk Launcing SIKOMANDAN, tepatnya di halaman mesjid Agung Serdang Bedagai di Dusun 1, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah. Kamis(20/2/2020).

"Pak Menteri Pertanian RI Syarul Yasin Limpo akan melauncing SIKOMANDAN di Serdang Bedagai," kata Kadis Ketahanan Pangan Sergai, M. Aliuddin.

Menurutnya, Hal ini dalam rangka launcing Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri(SIKOMANDAN) yangada sebanyak 1000 ekor lebih sapi khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara.

"Bahkan Program Sikomandan merupakan upaya dalam peningkatan populasi peternakan dan swasembada daging sapi. Karna Kementerian Pertanian juga mempunyai program Upaya Khusus SIWAB (Sapi Indukan Wajib Bunting),"ujarnya.

Ia menambahkan, selain launcing SIKOMANDAN, Menteri Pertanian juga menyerahkan bantuan kepada kelompok ternak modal usaha kredit usaha rakyat peternakan di Provinsi Sumatera Utara.

"Hasil peternakan sapi dari seluruh kelompok ternak yang ada dibawa pembinaan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Serdang Bedagai dan Sapi yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai berasal dari hasil kawin IB (Insimilasi Buatan) dan kawin alam," bilang M. Aliuddin.

Adapun launcing dan panen pedet yang di gelar di Kabupaten Serdang Bedagai diikuti se Kabupaten/Kota lainnya seperti, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Langkat, dan Kota Binjai" ungkap Kadis Ketahanan Pangan Sergai, M Aliuddin didampingi Kabid Peternakan Andarias Ginting.

"Hal ini sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mengejar swasembada sapi yang ditargetkan Presiden Joko Widodo tercapai pada 2026 mendatang, mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pemenuhan pangan asal ternak, dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak rakyat,"tambah Kadis Pangan.*