MEDAN-Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Martuani Sormin membeberkan visi dan misinya dalam menciptakan keamanan di Sumut.

Hal itu diungkapkan mantan Kapolda Papua tersebut saat didaulat memberikan kuliah umum pada Milad ke 48 Fisipol Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Auditorium Jalan Muchtar Basri.

Selama hampir 2 jam, putra kelahiran Lobu Sonak, Lumban Sormin, Pangaribuan, Tapanuli Utara itu memberikan ceramah di hadapan 500 mahasiswa. "Kata kuncinya adalah pelayanan kamtibmas yang semakin baik," kata Martuani, Kamis (20/2/2020).

Dijeskannya, pada intinya pelayanan maksimal untuk mewujudkan kamtibmas yang kondusif. "Jadi bagaimana melayani masyarakat Sumut untuk keamanan dan ketertiban masyarakat yang semakin baik," jelasnya.

Martuani pun menyinggung perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun ini.

Orang nomor satu di Mapolda Sumut ini menyebut akan memprioritaskan pengamanan pilkada supaya pesta demokrasi berjalan lancar dan tertib di 23 kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada.

Saat memberikan ceramah, Martuani menyelipkan lelucon-lelucon agar mahasiswa tidak bosan mendengar ceramahnya.

Setiap lelucon dilempar, suara tawa menggema di auditorium tersebut.

Menariknya lagi, Martuani juga memberikan bonus kepada mahasiswa yang bertanya. "Adik-adik mahasiswa dan mahasiswi yang bertanya dapat bunos urus SIM gratis," katanya dan langsung disambut tepuk tangan gemuruh mahasiswa.

Sontak, puluhan mahasiswa mengacungkan tangan.

Ada yang bertanya soal tilang, kondiisi keamaman jelang Pilkada dan strategi pengamanan Polri saat Pilkada berlangsung.

Semua pertanyaan dijawab Kapoldasu tanpa lupa menyelipkan lelucon segar.

Alhasil, sesi tanya jawab pun berlansung alot, namun tetap dalam suasana mencair.

Sampai akhirnya Dekan Fisipol UMSU Dr Arifin Saleh Siregar membatasi mahasiswa yang bertanya lantaran jam sudah menunjukkan Pukul 15.00 WIB.

Hadir dalam acara kuliah umum Milad Fisipol UMSU itu, Rektor Dr Agus Sani MAP, Ketua MUI Sumut, Ketua MUI Medan, Karo Ops Kombes Pol Makmur Ginting dan Dirbinmas Poldasu Kombes Pol Hondawan Naibaho.