NISEL-Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Kabupaten Nias Selatan (Pemkab Nisel) melalui Dinas Pendidikan melakukan kerjasama terhadap sejumlah Universitas dan Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia.

Hal ini dikatakan Kadis Pendidikan Nisel Nurhayati Telaumbanua, S.Pd,.MM kepada wartawan lewat pesan WhatsApp, Selasa, (18/2/2020).

Menurut dia, program itu juga sebagai bentuk kepedulian pihak Pemerintah Kabupaten Nias Selatan terhadap warga Nisel terutama lulusan SMA/Sederajat yang memiliki prestasi akademis dan terhadap warga yang tidak mampu tetapi berprestasi.

"Kita akan fokus kepada mereka yang berprestasi karena diharapkan nantinya, mereka bisa turun ke Nias Selatan untuk membantu program-program Pemerintah Daerah terutama yang menjadi program prioritas," tuturnya.

Beberapa Universitas yang melakukan kerjasama dengan Pemkab Nisel.itu diantaranya, Universitas Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melakukan kerja sama dengan Universitas Palangkaraya Kalteng dan saat itu kita diterima oleh Prof. Dr. Suandi Sidauruk, M.Pd sebagaiWakil Rektor Bidang Hukum, Organisasi, SDM dan Kemahasiswaan Universitas Palangkaraya, Kalteng," paparnya.

Selain itu, pihak Pemkab melalui Disdik juga sebelumnya sudah menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) dengan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB) untuk program Sarjana (S1).

"Kerjasama di Universitas Andalas Perguruan Tinggi di Padang, Sumatera Barat dan Universitas Sumatra Utara (USU) akan kita lanjutkan. Kita juga akan menandatangani MoU dengan Pihak Universitas Pertamina," pungkasnya.