SAMOSIR-Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pariwisatanya akan me-launching sebanyak 11 kalender event rangkaian Horas Samosir Fiesta (HSF) ke 6 ditahun 2020 dipusatkan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Dumosch Pandiangan, Selasa (18/2/2020) dikantornya mengatakan, launching di Kemenpar, dengan misi agar gaung kalender event Samosir tahun ini lebih tinggi dan meluas secara nasional maupun internasional.

"Sebenarnya, event ini adalah calendar of event Horas Samosir Fiesta yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Ada misi kita, kenapa launching di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pertama Kemenpar sangat mendukung. Kemenpar juga dengan senang hati menyambut dan memberikan fasilitas yang ada disana untuk kegiatan launching. Gaungnya juga akan lebih nasional," papar Dumosch.

Fix, sebanyak 11 event tahun ini menyedot Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) TA 2020 sebesar Rp 2,2 miliar lebih 2020, harap Dumosch, mampu menggaet jumlah kunjungan wisatawan ke Samosir, baik domestik maupun mancanegara.

Disebutkan juga, dengan launching di Kemenpar, bukan menyatakan tidak efektif bila dilaksanakan di daerah. "Kita harapkan melalui launching ini lebih meluas secara nasional. Bukan menyatakan, ketika di launching di daerah, tidak efektif. Cuman, ada moment-moment tertentu me-refresh kesadaran publik dengan bantuan publikasi media yang ada di Kementerian Pariwisata," terangnya.

Tidak sampai disitu, Dumosch juga menyampaikan, jumlah pengunjung ke Samosir tahun 2019 dari Januari hingga Desember mencapai 418.000 lebih. Diharapkan, melalui 11 event yang sudah terencana dengan baik sejak 2019 itu, mampu mendongkrak lebih jumlah kunjungan ke Samosir.

"Target melalui event ini, setidaknya mampu mendongkrak jumlah kunjungan hingga 50 persen dari tahun kemarin. Kemungkinan besar itu dapat tercapai, karena Samosir juga sudah masuk sebagai super prioritas destinasi pariwisata," ucap Dumosch.

Lebih lanjut, dari 11 event yang akan di launching pada tanggal 21 Februari 2020 di Jakarta itu, kata Dumosch, namanya masih sama dengan event tahun lalu.

"Masih sama dengan tahun kemarin. Event pertama yang akan kita laksanakan pada bulan April, Gondang Naposo. Selanjutnya akan ada 2 event yang kita laksanakan dalam sebulan hingga Desember 2020," tutup Dumosch Pandiangan.

Sebelumnya, oleh Kepala Bidang Promosi Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Shanty Harianja menyebut, dari 11 kalender event HSF Samosir tahun 2020, salah satunya menjadi bagian dari 100 calendar of event nasional di 2020, yakni event Samosir Music International.