ASAHAN-Bupati Asahan H. Surya, BSc, melantik kepala desa terpilih hasil pilkades serentak 2019 di Gedung Serba Guna (GOR) Kisaran, Selasa (18/2/2020).

Pelantikan tersebut berdasarkan surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 20 s/d 20.44–Pemasdes–Tahun 2020 tentang pemberhentian penjabat Kepala Desa dan penetapan pengesahan serta pengangkatan Kepala Desa Se-Kabupaten Asahan Masa Jabatan 2020–2026.

Pelantikan tersebut turut dihadiri Dandim 0208/AS, Danlanal TBS, Wakapolres Asahan, perwakilan Kajari Asahan, Yonif 126/KC, Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan dan undangan lainnya.

Bupati Asahan dalam sambutannya menyampaikan dengan dilantiknya Kepala Desa terpilih hasil pemilihan serentak tahun 2019, maka Kades terpilih telah resmi menjabat sebagai Kepala Desa.

"Selaku pamong di tengah-tengah masyarakat dan pimpinan dilingkup Pemerintahan Desa, berarti mulai hari ini saudara harus siap mengemban dan menjalankan amanah yang dipercayakan kepada saudara," tegas Surya kepada para Kades yang baru dilantik.

Untuk itu Bupati menginstruksikan kepada para Kepala Desa yang baru dilantik agar segera satukan komitmen dan persepsi di Masyarakat.

"Karena saat ini saudara adalah pimpinan bagi seluruh masyarakat yang ada di Desa Saudara," tuturnya.

Kemudian Bupati juga meminta kepada para Kades agar memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, karena pada hakikatnya Kades adalah pelayan.

Bupati juga memerintahkan kepada Kades agar membina hubungan kerja yang baik dan harmonis dengan perangkat desa , BPD, Lembaga Kemasyarakatan Desa dan semua Steakholder yang ada di Desa masing-masing.

"Fahami dan kuasai semua peraturan yang berlaku terkait penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan laksanakan serta sukseskan Program Pemerintah diantaranya meningkatkan Swadaya gotong royong Masyarakat, pengentasan kemiskinan, percepatan pembangunan skala desa terutama pengelolaan keuangan desa yang partisipatif, tertib, akuntabel dan transfaran," tegas Bupati Asahan.

Selanjutnya Bupati juga menyampaikan pesan kepada Istri Kepala Desa terpilih yang baru dilantik agar terus setia mendampingi suami sebagai Kepala Desa serta memberikan dukungan dan semangat kepada Kepala Desa dalam menjalankan program kerja dan kesuksesan program PKK.

Atas Nama Pemerintah Kabupaten Asahan H. Surya mengucapkan terima kasih dan Penghargaan kepada para Penjabat Kepala Desa yang telah menjalankan roda Pemerintahan Desa sampai dengan Pelantikan Kepala Desa.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Panitia Pemilihan Kepala Desa karena pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak dan Pemilihan Kepala Desa antar waktu secara umum telah berjalan dengan baik, aman dan kondusif," ucap H. Surya.

Mengakhiri sambutannya Bupati juga menyampaikan ucapan terima Kasih kepada Kapolres dan Dandim 0208/ AS serta jajarannya dan seluruh pihak yang telah ikut mendukung dan membantu pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak Tahun 2019 yang lalu.*