Serdang Bedagai-Dua stasiun pengisian pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang berada di Jalur tol Medan-Tebing Tinggi Km 65 resmi beroperasional, Senin (17/2/2020).

Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina MOR I, Mas'ud khamid mengatakan sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung berjalannya SPBU yang terletak tidak jauh dari gerbang tol Tebing Tinggi itu Seperti dukungan pemerintah setempat, jasa marga, Telkom yang dinilainya cukup memiliki peranan penting.

"Dibangunnya dua SPBU ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat lintas tol Medan-Tebing Tinggi. Para pengguna tol dapat menikmati tanpa keragu-raguan untuk mengisi bahan bakar minyak. Karena tugas kita adalah melayani masyarakat Indonesia di sektor energi," katanya.

Dari jalan tol yang sudah dibangun di Indonesia, lanjut Mas'ud dalam 1 tahun ini Pertamina sudah membangun 22 SPBU baru. Ada 18 SPBU di Pulau Jawa dan di Palembang ada 4 SPBU dan sisanya ada Sumut.

"Setelah di dalam negeri maka target kita Pertamina ada di luar negeri untuk melayani masyarakat Indonesia di luar negeri. Seperti di Malaysia, Singapura, Arab Saudi," ungkapnya.

Selain meresmikan dua SPBU, pihaknya juga meluncurkan Service Digitalisasi SPBU yakni memasang perangkat digital di SPBU. Ada alat ukur yang dipasang di Tangki yang dinamakan automatic Tangki yang gunanya bisa mengukur volume Tangki.

"Digitalisasi SPBU ini terpasang di ruang khusus di SPBU km 66. Lalu ada data processing, dengan ini kita dapat melihat transaksi per-nozzle dan juga stok. Kedepannya kita akan menambah alat untuk melihat plat nomor kendaraan para konsumen. Tak sampai di situ, digitalisasi SPBU ini juga dilengkapi dengan perangkat e-payment. Dimana dalam pembayaran menggunakan android edisi. Konsumen bisa melakukan pembayaran dengan sejumlah alat pembayaran digital seperti LinkAja dan lainnya," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Dirut PT Pertamina Retail (PTPR), Sofyan Yusuf mengatakan dihadirkannya SPBU ini cukup penting bagi pengguna tol karena selama ini ditemui adanya kesulitan pengguna jalan tol Medan-Tebing Tinggi dalam memperoleh BBM.

"SPBU ini cukup strategis. Semoga bisa memudahkan pengguna jalan tol yang kesulitan memperoleh BBM. SPBU ini juga difasilitasi masjid, toilet, minimarket dan tempat istirahat," pungkasnya.*