MANILA - Tim Buutangkis putra Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara di ajang Badminton Asian Team Championships 2020 setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1. Kemenangan Indonesia ditentukan oleh ganda putra Mohammad Ahsan/Fajar Alfian atas Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dengan skor 21-18, 21-17. Meskipun tak bermain dengan pasangan tetap, namun kombinasi Ahsan/Fajar bisa mengatasi perlawana Og/Teo yang saat ini tengah menanjak. Sempat saling berkejaran angka di interval game kedua dalam kedudukan 11-11, Ahsan/Fajar akhirnya menuntaskan pertandingan dan memastikan kemenangan tim Indonesia.

"Kami mengucap syukur alhamdulillah bisa jadi penentu, tim Indonesia bisa jadi juara beregu Asia lagi untuk yang ketiga kalinya berturut-turut," kata Ahsan setelah pertandinga.

"Tadi saya sempat bingung waktu di partai ketiga, apakah Jonatan (Christie) bisa menang atau tidak. Tapi sudah siap dengan kondisi apa pun," kata Fajar.

"Saya sempat nervous berpasangan sama bang Ahsan, mainnya harus bagaimana. Tapi bang Ahsan banyak kasih masuka buat saya, jadi saya enjoy saja," tambah Fajar.

Sementara itu di tim putri, Jepang menjadi juara setelah mengalahkan Korea dengan skor 3-0.

Hasil lengkap pertandingan final antara Indonesia melawan Malaysia (3-1):

- Anthony Sinisuka Ginting vs Lee Zii Jia 22-20, 21-16
- Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik 22-20, 21-16
- Jonatan Christie vs Cheam June Wei 16-21, 21-17, 22-24
- Mohammad Ahsan/Fajar Alfian vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi 21-18, 21-17
- Shesar Hiren Rhustavito vs Leong Jun Hao - tidak dimainkan. ***