ASAHAN-5 hari sudah pelaksanaan MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan digelar di Kecamatan Tinggi Raja. 5 hari sudah lantunan ayat suci Al Quran menggema di angkasa salah satu Kecamatan di Bumi Rambate Rata Raya. 5 hari sudah cakrawala tersenyum menikmati alunan ayat nan indah ciptaan Sang Maha Karya.

Sabtu, (15/2/2020), perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan resmi ditutup. Bupati Asahan menutup secara resmi kegiatan yang digelar di Lapangan Bola Kaki Divisi I Kuala Piasa, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan.

Ketua DPRD dan Forkopimda Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten, OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua MUI, Dewan Hakim, serta ribuan masyarakat tampak hadir dalam kegiatan yang merupakan salah satu program nasional tersebut.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. H. John Hardi Nasution, M.Si atas nama Panitia Penyelenggara MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan dalam laporannya sampaikan bahwa diawal pembukaan pada Selasa (11/2/2020) hingga ditutup pada Sabtu (14/2/2020) malam, pelaksanaan MTQ berjalan dengan baik dan lancar. Dirinya juga sampaikan peserta yang mendapat predikat terbaik dari 5 cabang yang dipertandingkan dalam MTQ kali ini akan diganjar dengan hadiah berupa piagam penghargaan, trophy dan uang tunai.

Sementara Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dalam sambutannya kembali mengingatkan tentang pentingnya memaknai isi dan kandungan Al Quran sebagai pedoman hidup dalam membangun kehidupan sosial yang bermartabat.

“Pelaksanaan MTQ merupakan wahana untuk memacu pengembangan tilawah, hafalan dan pendalaman isi Al Quran serta sarat dengan syiar Islam yang tidak boleh berhenti disini tanpa meninggalkan bekas dan pengaruh di tengah masyarakat," ujar Bupati Asahan.

Dalam kesempatan tersebut, H. Surya juga menekankan bahwa peserta MTQ adalah mutlak putera-puteri Asahan yang berdomisili di Kabupaten Asahan dan bagi peserta MTQ yang potensial akan bersedia dan wajib mengikuti Training Center (TC) secara keseluruhan.

“Kepada pemenang terbaik 1 dari cabang Tilawatil Quran golongan dewasa putera dan puteri serta cabang Hifzil Quran golongan 30 juz putera dan puteri akan diberikan Ongkos Naik Haji (ONH) dengan ketentuan jika sudah pernah menjadi terbaik 1 dalam event MTQ 9 tahun terakhir tidak diperkenankan mendapat ONH lagi," ujar H. Surya, B.Sc.

Selanjutnya Bupati Asahan juga berpesan kepada kafilah yang belum berhasil meraih prestasi dalam event MTQ ini, agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi di kesempatan lainnya.

“Kepada kafilah yang menang maupun yang kalah, saya berpesan agar semangat bermusabaqah untuk meraih penghargaan hendaknya tidak menggeser niat ikhlas kita untuk meningkatkan syiar Islam dan membudayakannya dalam kehidupan,” pesan Bupati Asahan.

Tak luput, Bupati Asahan sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah tulus dan ikhlas membantu mensukseskan MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada panitia, dewan hakim dan seluruh pihak yang telah mensukseskan MTQ tahun ini, terkhusus kepada Bapak H. Suwono yang dengan tulus menyediakan pemondokan bagi dewan hakim", ucap Bupati Asahan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Asahan juga sedikit menguraikan pengalaman pribadinya kala diundang menghadiri pertemuan di Istana Wakil Presiden RI.

“Kala itu saya kagum dengan sajian yang dihidangkan saat pertemuan di Istana Wapres RI. Walaupun hanya pisang rebus, jagung dan ubi kayu namun disajikan dengan nilai estetika dan nilai gizi yang baik," kata H. Surya.

Bupati Asahan juga secara pribadi menyampaikan permohonan maaf kepada Dewan Hakim dan seluruh kafilah bila dalam pelaksanaan MTQ kali ini terdapat kekurangan dan ketidaknyamanan baik dalam hal konsumsi maupun pemondokan.

“Saya mengangkat jari sepuluh, memohon maaf atas kesalahan dan kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan MTQ kali ini, semoga kedepan perhelatan MTQ dapat lebih baik dari tahun ini," pungkasnya.

Sebelum sampaikan pengumuman pemenang MTQ, Ketua Dewan Hakim mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan atas fasilitas yang diberikan selama pelaksanaan MTQ.

“Alhamdulillah kami tidak merasa ada kekurangan baik fasilitas primer maupun sekunder, bahkan kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Asahan dan Panitia Pelaksana atas fasilitas yang diberikan selama pelaksanaan MTQ," ujar Ketua Dewan Hakim.

Selanjutnya dirinya juga ucapkan terima kasih kepada Dewan Hakim dan panitia pelaksana yang telah bekerja dengan sepenuh hati demi mensukseskan MTQ Ke-51 Tingkat Kabupaten Asahan.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pembacaan keputusan Dewan Hakim yang dibacakan oleh Ketua Dewan Hakim H. Salman Abdullah Tanjung, Lc, MA didampingi Sekretaris Dewan Hakim H. Mahmuddin, S.Ag. dan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah oleh Bupati Asahan beserta tamu undangan kepada pemenang.*