Home >  Berita >  Peristiwa

Bupati Tobasa Panen Raya Jagung BUMDES Andeska Desa Natumikka, Per Ha 7,9 Ton

Bupati Tobasa Panen Raya Jagung BUMDES Andeska Desa Natumikka, Per Ha 7,9 Ton
Minggu, 16 Februari 2020 20:29 WIB
Penulis: Marimbun Marpaung
TOBASA-Bupati Toba Samosir Ir.Darwin Siagian bersama rombongan hadir di Pea Tingko Desa Natumikka Kecamatan Borbor Kamis, 13/02/2020 untuk melaksanakan panen raya perdana jagung usaha BUMDes Andeska.

Sebelumnya kepada Wartawan Kastro Simanjuntak Ke0ala Desa Natumikka mengatakan, hadirnya Bupati Darwin desanya dalam rangka panen raya perdana Kagung milik BUMDES Andeska atas undangannya bersama masyarakat desanya.

Atas kehadiran Bupati dan rombongan diharapkan untuk meningkatkan motivasi masyaralat Desa Natumikka untuk mengembangkan pertanaman jagung di desanya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakatnya.atas kehadiran Bupati dan rombongan di desanya, Kastro menyampaikan terimakasih.

Monang Simanjuntak, Direktur BUMDes Andeska saat dikonfirmasi di lokasi menjelaskan, sekaitan modal untuk pertanian jagungnya. Dikatakan modal awal BUMDes dalam bertani jagung sebesar Rp. 200 juta untuk luas lahan 18 Ha, bersumber dari Dana Desa (DD) Natumingka tahun 2019.
Ads

Dijelaskan Monang, untuk mengusahai lahan seluas 8 hektar, biaya per satu hektar, mencapai Rp. 11.000.000 - Rp.12.000.000.dana sisa digunakan untuk pengadaan peralatan diantaranya beko, cangkul, pembuatan gubuk dan lainnya.

"Setelah tahap pertama ini jelas Monang, kami akan mengembangkannya dari 8 ha menjadi 36 ha.untuk irtu kami berharap bantuan bapak Bupati Darwin Siagian, untuk memperbaiki jalan dari Natumingka menuju dusun Sibosur berikut jembatan yang sudah tidak layak dilalui kenderaan saat in8 untuk memperlancar pengangkutan hasip bumi dan berbagai kebutuhan lainnya untuk perkebunan jagung nanti," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Darwin Siagian mengaku senang dan bangga sembari memberi pujian terhadap BUMDes Andeska, oleh karena keberhasilan kebun jagung yang dikelola hingga berproduksi dengan cukup tinggi.

Atas usaha BUMDES Andeska Darwin menyampaikan dukungannya kepada BUMDes Andeska, yang berencana mengembangkan pertanian jagungnya dari lahan 8 ha menjadi 36 ha tahun 2020.

“Kami akan mendukung rencana itu, dengan memberikan pendampingan dan pembinaan kepada BUMDes agar usaha dan managemennya kedepan semakin berkembang," ujar Bupati.

Mengenai permintaan perbaikan jalan dan jembatan oleh Direktur BUMDes Andeska, Monang Simanjuntak, Bupati Darwin langsung menyetujui Rp 200 juta dana Tak Terduga dialokasikan memperbaiki jalan dimaksud dari mulai titik awal menuju jembatan. "Bertahaplah kita perbaiki jalan dan jembatannya. Rp 200 juta dululah untuk tahap pertama ini," katanya.

Diketahui sesuai dengan perhitungan BPS bersama Dinas Pertanian Kab.Tobasa untuk hasil produksinya kebun Jagung usaha BUMDES AAndeska desa Natumika mencapai 7,9 ton per hektarnya.hasil ini sudah cukup bagus walaupun masih perdana," ungkap Jerri Silaen Kepala Dinas Pertanian,Perkebunan,Peternakan dan Perikanan Kab.Tobasa di dampingi Sataf BPS Tobasa kepada Gosumut.

Supaya mendorong minat dan semangat masyarakat desa Natumikka dalam bertanam Jagung di areal masing-masing, dalam kesempatan tersebut Bupati Darwin menyerahkan mesin pemipil jagung kepada Kelompok Tani Masitoguan, Desa Natumingka, 3 unit coolbox dan gerobak sorong kepada UKM, baju training kepada Lansia, makanan tambahan berupa roti biskuit kepada anak-anak dan Jamkesda kepada warga.

Untuk melaksanakan panen raya perdana Jagung milik warga desa Natumikka Bupati hadir bersama Kadis Pertanian Jerry Silaen, Kadis PMD-PPA Henry Silalahi, Kadis Ketapang Marsarasi Simanjuntak, Kadis Perinkop UKM Tua Pangaribuan, di sambut langsung oleh Camat Borbor James Pasaribu, Kepala Desa Natumingka Kastro Simanjuntak dan Direktur BUMDes Andeska Monang Simanjuntak, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta ratusan Masyarakat Desa Natumikka diatas lahan kebun Jagung seluas 8 ha.
www www