Home >  Berita >  Peristiwa

Soekirman Luncurkan Buku Sergai Kampung Kita, Kisahkan Kehidupan dan Sejarah Desa

Soekirman Luncurkan Buku Sergai Kampung Kita, Kisahkan Kehidupan dan Sejarah Desa
Sabtu, 15 Februari 2020 21:39 WIB
Penulis: Sugiono
SERDANGBEDAGAI-Usai kegiatan kerjasama antar Pemkab Sergai dan Kejari yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati juga dirangkaikan dengan launching Buku “Serdang Bedagai Kampung Kami” yang ditulis sendiri oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa buku ini ia tulis dengan dasar inspirasi kehidupan masyarakat desa yang mempunyai sejarah panjang.

“Desa merupakan satuan organisasi yang paling bawah, tumbuh dari bawah dan menjadi soko guru atau penyangga utama struktur negara ini," bilang Bupati Soekirman.

Menurut Soekirman, Desa mempunyai komunitas dengan beragam kegiatan, sistem sosial, politik, ekonomi, seni dan budaya yang dijalankan oleh masyarakat yang mendiaminya berdasarkan tradisi dan nilai.
Ads

Desa merupakan media yang mewariskan kebudayaan luhur yang berlangsung secara turun menurun.

"Karyanya ini disusun berdasarkan data monografi desa yang ada di seluruh Kabupaten Sergai dengan menggunakan pendekatan historis, sosiologis dan filosofis," ucap Soekirman.

Soekirman berharap deskripsi serta informasi tentang desa menjadi lebih sistematis, integral dan komprehensif dalam buku ini. Kehadiran buku Serdang Bedagai Kampung Kami, kata Bupati lagi, dapat digunakan sebagai referensi yang bermutu dan berguna bagi para eksekutif, legislatif, yudikatif dan aktifis LSM, peneliti, akademisi, cendikiawan, seniman maupun budayawan yang peduli tentang seluk beluk kehidupan rakyat desa.

Sementara itu, Sekdakab Sergai HM. Faisal Hasrimy, AP, MAP, disaksikan oleh Bupati Soekirman dan Wakil Bupati H. Darma Wijaya, SE, menyerahkan Berita Acara Serah Terima inventaris Kabupaten berupa ruas jalan kepada seluruh desa se-Kabupaten Sergai.

Ruas jalan ini nantinya akan diserahkan pengelolaannya kepada desa,"Dalam penyerahan ini Sekdakab Faisal Hasrimy berharap kedepannya masyarakat dapat merawat dan mengelola jalan sebaik-baiknya untuk kebaikan desa,"tutupnya.

Dalam kegiatan ini dalam Launching Buku “Sergai Kampung Kita" turut hadir Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wabup H Darma Wijaya, Kepala Kejaksaan Negeri Paian Tumanggor, SH, Sekdakab HM. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati,para Kepala OPD, Camat serta para Kepala Desa se-Kabupaten Sergai.*
www www