SERDANGBEDAGAI-Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai bersama Kejari Sergai teken MOU Kesepakatan Bersama Bidang Hukum bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat(14/2/2020).

Adapun Tandatangani kesepakatan bersama bidang hukum dalam hal Kerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sergai terkait dengan pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, pelayanan hukum dan tindakan hukum lainnya dalam bidang perdata dan Tata Usaha Negara di Kabupaten Serdang Bedagai.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup H. Darma Wijaya dalam sambutan mengatakan bahwa tujuan kerjasama ini adalah untuk membangun kesepahaman antara Pemkab Sergai dengan Kejari Sergai agar secara bersama-sama menangani perkara dan tata usaha negara yang dihadapi Pemkab.

"Kerja sama ini juga merupakan payung hukum bagi seluruh penyelenggara pemerintahan di Sergai untuk berkonsultasi dengan Kejaksaan apabila menemui permasalahan dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi masing-masing," kata Bupati Soekirman.

Untuk itu, Bupati berharap di masa mendatang tidak terjadi hambatan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang diakibatkan oleh berlarut-larutnya konflik hukum antara pihak-pihak yang berkepentingan dengan pembangunan daerah.

"Apabila setiap permasalahan hukum ditangani dengan baik maka dampaknya tidak hanya positif bagi masyarakat, akan tetapi juga potensial meningkatkan kewibawaan dan suksesnya pembangunan di Pemkab Sergai sebagai pelayan publik yang profesional," ungkap Bupati Soekirman.

Sementara itu, Wabup H Darma Wijaya berharap agar implementasi Kesepakatan Bersama ini berhasil dengan optimal dan tidak bersifat kontra-produktif, maka diperlukan komitmen yang kuat dan kerjasama lintas sektor yang sinergis dari kedua belah pihak.

"Untuk itu Diharapkan kerjasama yang harmonis selama ini tetap dapat terjaga dan berlanjut untuk masa-masa yang akan datang,"ungkap Wabup Darma Wijaya.

Usai Berbarengan dengan pendatanganan Kesepakatan Bersama Bantuan Hukum, Pemkab Sergai juga memberikan hibah kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Sergai dalam bentuk peralatan dan perlengkapan kantor beserta aksesorisnya berupa berupa running text sebanyak 1 unit, Perlengkapan audio visual 20 unit, Peralatan infokus 6 unit, Layar Proyektor, Laptop 1 unit dan komputer sebanyak 3 unit.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan pemberian hibah ini merupakan bentuk kerja sama dan sinergitas nyata antara Pemkab dengan Kejari Sergai.

“Lewat bantuan ini Pemkab ingin bekerjasama dalam proses pembangunan dan dukungan terhadap peningkatan kinerja Kejari karena bagaimana pun masyarakat Sergai tentu mendambakan lembaga Kejaksaan yang profesional baik secara SDM dan sarana-prasarana. Kedepannya semoga kerja sama baik ini tetap dapat terjalin,"ucap Bupati Soekirman.

Sementara itu, Kepala Kejari Sergai Paian Tumanggor, SH, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya terhadap hibah peralatan dan perlengkapan yang diberikan oleh Pemkab Sergai.

“Kami mengapresiasi pemberian ini dan semoga antara Kejari dan Pemkab terjalin kerjasama yang makin erat. Peralatan dan perlengkapan yang diberikan akan kami gunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten yang kita cintai ini.”cetus Kejari Sergai.

Dalam kegiatan ini Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wabup H Darma Wijaya, Kepala Kejaksaan Negeri Paian Tumanggor, SH, Sekdakab HM. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati,para Kepala OPD, Camat serta para Kepala Desa se-Kabupaten Sergai.