Home >  Berita >  Peristiwa

250 Peserta Disdik Sergai Ikuti Sosialisasi Sensus Penduduk Secara Online Bersama Badan Pusat Statistik Kabupaten

250 Peserta Disdik Sergai Ikuti Sosialisasi Sensus Penduduk  Secara Online Bersama Badan Pusat Statistik Kabupaten
Sabtu, 15 Februari 2020 13:37 WIB
Penulis: Sugiono
SERDANGBEDAGAI-Badan Pusat Statistik(BPS) Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, menggelar Sosialisasi dan Pendapatan Perdana Sensus Penduduk Online (SPO) dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2020, di Aulah Dinas Pendidikakan di Seirampah (15/2/2020) sekira pukul 10:00WIB.

Perwakilan Sensus Penduduk 2020, Iwan Andi Susanto selaku Kasi IPDS Interagrasi Pengelolahan Data Statistik dalam laporan mengatakan bahwa kegiatan Sensus Penduduk 2020 bertujuan untuk memperoleh data besar kependudukan yang sangat strategis dan terkini dalam rangka menuju satu data kependudukan indonesia.

"Sensus penduduk 2020 di mana akan dilaksanakan mengacu pada proses bisnis yang terdiri dari 7 tahapan," kata Iwan Andi Susanto.

Menurut Iwan, tahapan yang sangat penting dalam pengumpulan data yang melibatkan partisipasi aktif penduduk adalah pada tahap 3 yaitu Sensus penduduk online, Sensus penduduk online akan dilakukan pada periode 15 Februari sampai 31 maret 2020.
Ads

Dan mencakup seluruh keluarga dan penduduk warga negara indonesia (WNI) maupun warga negara asing(WNA) yang bertempat tinggal dalam wilayah teritorial indonesia termasuk wilayah teritorial indonesia di luar negeri.

Adapun tujuan dari kegiatan sosialisasi ini yakni memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai tentang sensus penduduk 2020 secara online.

"Dan memberikan kesempatan kepada penduduk untuk berpartisipasi dalam kegiatan Sensus penduduk 2020 tanpa proses wawancara dengan petugas. Dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyediakan data kependudukan,"ujarnya.

Dalam sosialisasi ini, lanjut Iwan, akan dilakukan paparan dan diskusi untuk mencapai tujuan tersebut. Dan menyampaikan materi terkait sensus penduduk 2020 dan tata cara pengisian sensus penduduk online. Dilanjutkan dengan pengisian sensus penduduk online secara mandiri oleh seluruh peserta dengan dipandu oleh teman- teman panitia dari BPS Kabupaten Serdang Bedagai.

"Sebanyak 250 orang peserta giat sosialisasi seluruhnya terdiri dari korwil , kepala sekolah dan guru-guru se- Kabupaten Serdang Bedagai," ungkapnya.

Untuk itu, dari hasil sosialisasi berharap Capaian respon rate yang Tinggi untuk pelaksanaan Sensus Penduduk online 2020 di Kabupaten Serdang Bedagai. Meningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya data, termasuk data penduduk menuju satu data kependudukan. Meningkatkan peran serta masyarakat dengan cara memutakhir data pribadinya secara mandiri melalui kegiatan sensus penduduk Online.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai, Drs. Joni Walker Manik, MM, dalam sambutan mengatakan, Pada tahun 2020 ini indonesia akan melaksanakan sensus penduduk sesuai amanat UU no 16 tahun 1997 tentang statistik, yang sejalan dengan rekomendasi PBB mengenai Sensus Penduduk dan Perumahan tahun 2020.

"Sensus penduduk 2020 merupahkan pekerjaan besar seluruh bangsa indonesia. Oleh karena itu, perlu dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh stakeholder untuk berkolaborasi dalam menyukseskan sensus penduduk 2020 khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai," kata Kadisdik Sergai, Joni Walker Manik.

Kadisdik Joni menambahkan, bahwa data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita. "Kini data lebih berharga dari minyak. Oleh karena itu, Kedaulatan data harus kita wujudkan bersama, Momentum mewujudkan kedaulatan data menuju satu data indonesia akan kita mulai pada tahun 2020,"ujarnya.

Dirinya berharap seluruh Keluarga besar Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai dapat berpartisipasi langsung secara mandiri melakukan update data kependudukan dengan cara mengisi formulir elektronik SP 2020 melalui situs www. Sensus.bps.go.id.

BPS selaku lembaga yang menangani pendataan di indonesia melakukan sensus penduduk 10 tahun sekali. Tahun 2020 ini merupahkan sensus penduduk yang ketujuh. Kegiatan sensus penduduk 2020 ini merupahkan data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data besar yang kemudian di lengkapi pada pelaksanan lapangan sensus penduduk 2020.

Semoga SP 2020 nantinya akan menyediakan data jumlah, Komposisi, Distribusi dan Karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan indonesia,"pungkas Kadisdik Sergai.

Dalam kegiatan turut hadir, Perwakilan SP2020 selaku Kasi Interagrasi Pengelolahan Data Statistik (IPDS), Iwan Andi Susanto, Sudarmajid selaku Kasi Sosial dan Sekaligus Penangungjawab, Kepala Dinas Pendidikan Sergai, Drs. Joni Walker Manik, MM didampingi Sekretaris Disdik Sergai, Batara Rival Harahap M.Si, Kabid PEMD SD, Sugianto Spd, MM, Kabid PEMD SMP, Sujarwo SPd dan Kepala Sekolah SD dan SMP dan Korwil Pendidikan tingkat Kecamatan se- Kabupaten Serdang Bedagai.*
www www