Home >  Berita >  Peristiwa

Pemkab Tobasa Jalin Kerja Sama Dengan BPS Sensus Penduduk 2020, Sukseskan Program Nasional Satu Data Indonesia

Pemkab Tobasa Jalin Kerja Sama Dengan BPS Sensus Penduduk 2020, Sukseskan Program Nasional Satu Data Indonesia
Jum'at, 14 Februari 2020 16:43 WIB
Penulis: Marimbun Marpaung
TOBASA-Guna untuk mensukseskan pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 di Kabupaten Toba Samosir, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir lakukan kerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Toba Samosir dengan menggelar apel koordinasi sensus penduduk Kabupaten Toba Samosir tahun 2020 yang di gelar di halaman Kantor Bupati Jumat (14/02/2020) dengan dihadiri beberapa pimpinan dan Kepala SKPD Pemerintah Daerah Kabupaten Toba Samosir.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Toba Samosir dalam arahan dan sambutannya mengajak seluruh ASN, BUMN, BUMD, TNI dan Polri dan selurih lapisan masyarakat supaya tanggap dan turut serta untuk berperan aktif serta mendaftarkan dirinya dalam Sensus Penduduk Tahun 2020.

Dijelaskan Bupati,hasil dari Sensus penduduk yang akan dilaksanakan mulai bulan Februari 2020 ini akan menjawab perbedaan data jumlah penduduk antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Samosir yang selisihnya sampai 30.000 an.

Lanjut Bupati, Untuk pelaksanaan sensus penduduk Kabupaten Toba Samosir oleh Pemkab Toba Samosir yang bekerja sama dengan Balai Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Toba Samosir ini akan dilaksanakan dengan 2 periode. "Untuk tahap periode pertama dengan Sensus Penduduk mengunakan sitim On Line dengan harapan target bisa mencapai 30% dan periode tahap ke dua dengan sensus Penduduk dengan cara verifikasi langsung atau pendataan /pencatatatan degan wawancara langsung kepada masing masing Penduduk di tempatnya dengan harapan mencapai target 70% untuk menyempurnakan data Sensus Penduduk keseluruhan di Kabupaten Toba Samosir" terangnya.
Ads

Pelaksanaan sensus penduduk secara online akan berlangsung dari tanggal 15 Feb s.d 31 Maret 2020. Dalam tahapan ini masyarakat di himbau dan diharapkan berperan aktif untuk mengecek secara langsung data kependusukannya melalui jaringan internet telefon seluler masing masing.

Untuk Periode kedua adalah sensus penduduk dengan verifikasi dan pencacahan langsung kelapangan yang dilaksanakan mulai tanggal 1 April s.d 31 Juli 2020. Dalam pelaksanaan kegiatan ini petugas turun langsung mendata dan mewawancarai langsung para warga masyarakat yang belum terdaftar atau belum mengetahui data kependududukannya sudah terdata di BPS atau belum.

Ditegasjan Bupati, Dengan sensus penduduk tahun 2020 ini, data yang ada di BPS dan Dukcatpil Toba Samosir akan terfalidasi dengan baik,kalaupun nanti ada selisih perbedaannya, harapan kita tidak terlalu signifikan.karena nantinya data penduduk untuk ekonomi makro data yang digunakan pemerintah pusat adalah data BPS.

Whenlis Purba Kepala BPS Kabupaten Toba Samosir kepada wartawan menjelaskan dengan dukungan semua instansi Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, setidaknya 30% warga kita dapat melakukan sensus on line. Selebihnya nanti akan didata secara langsung oleh petugas sensus mulai tanggal 1 April s.d 31 Juli 2020.

Lanjut Whenslis, atas kerja sama BPS dengan Pemkab Tobasa sebagaimana yang di amanhkan oleh Bupati Toba Samosir berharap seluruh intasnsi jajaran Pemkab Tobasa bisa saling koordinasi dan bekerja sama dengan BPS Toba Samosir serta mendukung semua yang telah direncanakan dalam sensus penduduk on line tahun 2020 di Kabupaten Toba Samosir ini.

"Dengan sensus online kita berharap 30% penduduk Tobasa sudah terdata untuk 70% penduduk yang belum terdata karena sesuatu hal akan dilakukan sensus wawancara langsung kepada seluruh masyarakat yang belum terdata kependudukannya," jelasnya.

Dengan sensus penduduk yang didukung oleh Bupati Toba Samosir ini diharapkan semua masyarakat dari kota hingga pelosok desa akan terdata dengan baik untuk mendukung program nasional.

Untuk sensus dan pendataan penduduk dilakukan kepada seluruh penduduk tanpa terkecuali, dengan sensus penduduk tahun 2020 ini diharapkan semua penduduk Kabupaten Toba Samosir tanpa data Kependudukannya sudah terdata tanpa memandang golongan tingkat ekonomi dan harus sudah terdata secara menyeluruh.

Sensus dan pendataan penduduk ini oleh BPS bersama Pemerintah Kabupaten Toba Samosir untuk mengetahui dengan jelas berapa populasi penduduk Toba Samosir yang sebenarnya. dengan sensus dan pendataan ini kita akan mengetahui dengan jelas berapa data base jumlah penduduk Toba Samosir yang sebenarnya yakni dengan sensus penduduk oleh BPS ini akan di ketahui berapa jumlah penduduk yang tinggal di Kabupaten Toba Samosir dan berpa jumlah penduduk menurut Kartu Keluarga (KK) sesuai Data Dukcatpil.

"Karena sensus penduduk tahun 2020 pelaksanaannya benar benar berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya kedua duanya akan terdata.jadi sensus BPS adalah mendata jumlah penduduk yang benar benar tinggal di Kabupaten Toba Samosir sedangkan data di Dinas Dukcatpil sesuai dengan Kartu Keluarga (KK).tegas Whenslis Kepala BPS Kabupaten Toba Samosir," jelas Whenslis.*
www www