JAKARTA - Presiden PKS Sohibul Iman mengungkap, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berjanji akan mendukung panitia khusus (Pansus) Jiwasraya di DPR. Jika, Zulkifli kembali terpilih sebagai ketua umum PAN. Sohibul mengatakan, hal tersebut disampaikan oleh Zulkifli saat Sohibul bertandang ke kediaman Wakil Ketua MPR itu.

"Saya kan Selasa Minggu lalu, saya kan ketemu di rumahnya Pak Zul, beberapa media juga sudah tahu, saya bilang tentang pentingnya ini. Dan beliau mengatakan PAN insyaallah ikut tetapi setelah nanti beliau terpilih kembali, dan beliau terpilih kembali," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2).

Sohibul mengatakan, pernyataan itu disaksikan pula Sekjen PAN Eddy Soeparno dan Ketua DPP Yandri Susanto. Zulkifli memerintahkan agar PAN ikut mendukung Pansus Jiwasraya.

"Sewaktu ketemu saya bicara begitu. Di situ disaksikan saudara Yandri, Sekjen juga. Dan beliau mengatakan Yandri, Eddy nanti kita ikutlah dalam pansus ini," kata dia.

PKS, yang mengusulkan Pansus hak angket, akan melakukan lobi politik dengan fraksi lain. Sohibul berharap pimpinan DPR ini memproses Pansus seusai aturan.

"Fraksi akan terus melakukan lobi lobi politik ya, dan kita berharap pimpinan bisa memproses sesuai dengan SOP yang selama ini berjalan," kata dia.

Seperti diketahui, dari 9 partai politik di DPR, hanya Demokrat dan PKS yang mendukung pembentukan Pansus Jiwasraya. Selebihnya menyerahkan kepada Panja di komisi DPR masing-masing.

Demokrat dan PKS telah mengusulkan pembentukan Pansus Jiwasraya ke pimpinan DPR. Saat ini tinggal menunggu proses administrasi di Setjen DPR untuk dibahas di paripurna apakah bakal disetujui atau tidak.

DPR akan mengambil keputusan Pansus Jiwasraya dibentuk atau tidak dalam paripurna. Butuh dukungan mayoritas fraksi agar pansus tersebut terbentuk.***